PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MEMINJAM MELALUI APLIKASI PINJAMAN ONLINE KREDIT PINTAR DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Nur Putra Gunawan, Muhammad Luthfi (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MEMINJAM MELALUI APLIKASI PINJAMAN ONLINE KREDIT PINTAR DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, UPN Veteran Jawa TImur.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2025.

Download (487kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2025.

Download (460kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2025.

Download (572kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2025.

Download (716kB)

Abstract

Perkembangan industri yang terjadi dalam era globalisasi berkembang menjadi industri 4.0 tidak dapat terelakkan lagi. Hampir semua kegiatan masyarakat menggunakan internet yang cepat dan mudah diakses. Salah satu pemanfaatan dari internet adalah financial technology. Kredit Pintar yang merupakan fintech peer-to-peer lending P2P produk dari PT Kredit Indonesia yang berdiri dari tahun 2018 sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan, memiliki brand image yang kuat. Hal ini dibuktikannya dengan terpilihnya Kredit Pintar sebagai salah satu top brand pada tahun 2021 dan 2022. Hal ini diharapkan dapat menciptakan keputusan meminjam dengan dipengaruhi oleh kualitas produk, brand image, dan sales promotion melalui electronic word of mouth. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden adalah masyarakat Sidoarjo yang pernah melakukan peminjaman di Aplikasi Kredit Pintar. Sampel yang digunakan 111 orang penarikannya menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan warpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan meminjam, 2) brand image berpengaruh terhadap keputusan meminjam, 3) sales promotion berpengaruh terhadap keputusan meminjam. Sedangkan untuk hubungan tidak langsung menunjukkan bahwa 4) kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan meminjam melalui electronic word of mouth, 5) brand image berpengaruh terhadap keputusan meminjam melalui electronic word of mouth, serta 6) sales promotion tidak berpengaruh terhadap keputusan meminjam melalui electronic word of mouth. Kata kunci: keputusan meminjam, Kredit Pintar, electronic word of mouth

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauzi, AkhmadNIDN0709116503UNSPECIFIED
Thesis advisorPurwanto, EkoNIDN0029035907UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549 Personnel Management. Employment Management
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: Luthfi Gunawan
Date Deposited: 06 Jun 2023 05:51
Last Modified: 06 Jun 2023 05:51
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item