Rahmandinniyah, Anggraeni Sevira Priyanka (2023) Implementasi Strategi Gastrodiplomasi Dalam Program Indonesia Spice Up The World Tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text
COVER-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (687kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (523kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indonesia Spice Up The World (ISUTW) adalah bentuk upaya gastrodiplomasi Indonesia dengan memanfaatkan budaya kulinernya sebagai instrumen diplomasinya. Program ISUTW disusun oleh pemerintah Indonesia (lintas kementerian) dengan melibatkan seluruh pemangku kebijakan dari unsur pentahelix. Program ini disusun untuk mempopulerkan kembali rempah-rempah dan meningkatkan nation branding sehingga citra positif Indonesia yang terbentuk di mata dunia internasional. Keberhasilan ISUTW terlihat ketika terjadi peningkatan pada nilai ekspor rempah dan jumlah restoran Indonesia di luar negeri. Program ISUTW menargetkan seluruh dunia karena Indonesia juga ingin memperkuat perannya dalam percaturan kuliner Internasional yang selama ini lemah karena tidak adanya strategi yang terintegrasi untuk menjalankan gastrodiplomasinya. Oleh karena itu, Indonesia berusaha mengikuti jejak negara-negara lain seperti Thailand yang telah berhasil lebih dulu mesukseskan gastrodiplomasinya. Dalam melaksanakan kampanye gastrodiplomasi ISUTW, Indonesia telah melakukan berbagai strategi gastrodiplomasi. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi gastrodiplomasi Indonesia dalam program Indonesia Spice Up The World tahun 2020-2022. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi gastrodiplomasi Indonesia dalam program Indonesia Spice Up The World tahun 2020-2022. Dalam menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan konsep gastrodiplomasi milik Paul S. Rockower dan strategi gastrodiplomasi oleh Juyan Zhang tahun 2015. Hasil dari penelitian ini adalah berbagai macam strategi gastrodiplomasi yang telah digunakan oleh Indonesia untuk mengkomunikasikan budaya kulinernya dihadapan publik asing. Keyword: Gastrodiplomasi, Unsur Pentahelix, Indonesia dan Program Indonesia Spice Up The World.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences | ||||||||
Depositing User: | student anggraeni priyanka | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2023 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2023 06:00 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14519 |
Actions (login required)
View Item |