IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 2 DI UPT SDN 203 GRESIK

Qothrunnada, Alisa (2023) IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 2 DI UPT SDN 203 GRESIK. Kampus Mengajar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover)
19032010024_Cover.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab1)
19032010024_Bab1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Bab2)
19032010024_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (45kB)
[img] Text (Bab3)
19032010024_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (130kB)
[img] Text (Bab4)
19032010024_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (42kB)
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
19032010024_Daftar_pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19032010024_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia yang mengacu pada pembelajaran, pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian. Sebab melalui pendidikanlah, manusia berkemaslahatan baik bagi dirinya sendiri, maupun secara luas bagi lingkungan yang ada disekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa, proses pendidikan membutuhkan perhatian yang serius dari semua pihak dan kalangan. Karena output dari proses pendidikan akan turut mempengaruhi lingkungan, baik dalam skala mikro sosial (keluarga), maupun dalam skala makro sosial (lingkungan/masyarakat). Adanya wabah penyakit Covid-19 menyerang Indonesia, menyebabkan banyak sekali kekacauan diberbagai bidang, tidak hanya pada bidang ekonomi, kesehatan, politik, industri, namun juga pada bidang pendidikan. Pada awal bula Maret 2020 sistem pendidikan di Indonesia di paksa untuk berubah yang semula dilakukan secara langsung dan bertatap muka antara guru dan peserta didik, secara mendadak harus beralih pada sistem pembelajaran daring yang menyebabkan tidak hanya peserta didik, tetapi guru untuk beralih dan beradaptasi pada kebiasaan yang belum mereka lakukan. Pemerintahan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Kampus Mengajar 2 sebagai lanjutan program Kampus Memgajar 1 sebagai wujud implementasi dari salah satu kebijakan Kampus Merdeka yang mensinergikan mahasiswa untuk turun tangan memberikan kontrubusi atas permasalahan nyata yang dihadapi dunia pendidikan akibat dampak pandemi Covid-19 untuk turut ikut serta membantu guru melakukan pembelajaran dari rumah baik secara luring maupun daring terutama di Sekolah Dasar di daerah 3T. Penyelenggaraan program Kampus Mengajar ini adalah atas dukungan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAtiqoh, Lia NurNIDN. 0716099101UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Alisa Qothrunnada Muzakki
Date Deposited: 24 May 2023 01:39
Last Modified: 09 Jun 2023 08:34
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item