IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI SD NEGERI 2 CANDI

Rahmawati, Betty (2023) IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI SD NEGERI 2 CANDI. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Kampus Mengajar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover)
19032010004_Cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
19032010004_Bab 1.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19032010004_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (142kB)
[img] Text (Bab 3)
19032010004_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (129kB)
[img] Text (Bab 4)
190302010004_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19032010004_Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19032010004_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (421kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang kompleks, salah satunya adalah aspek pendidikan. Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kampus Mengajar diluncurkan pemerintah agar mahasiswa memiliki wadah mengabdi sebagai tenaga pendidik di seluruh sekolah di Indonesia. Kampus Mengajar merupakan suatukebijakan yang melibatkan mahasiswa secara nyata dalam rangka penguatan pembelajaran dan membantu sekolah dalam masa dalam pembelajaran, khususnya di tengah pandemi. Kelompok mahasiswa Kampus Mengajar di SD Negeri 2 Candi beranggotakan 6 orang dengan latar belakang asal kampus dan jurusan berbeda. Selama 5 bulan mulai dari bulan Agustus hingga Desember 2021, mahasiswa Kampus Mengajar melakukan beberapa program kerja guna untuk membantu dalam pengadaan media dan sarana pembelajaran di SD sasaran. Pada Kampus Mengajar Angkatan 2 ini, fokus kami terhadap literasi numerasi, adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah. Kampus Mengajar ini mahasiswa diterjunkan ke sekolah-sekolah, khususnya jenjang sekolah dasar untuk mengajar. Dengan dukungan LPDP dan Kementerian Keuangan, program Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran terutama dimasa pandemic Covid-19, khususnya yang berada di wilayah 3T. Dari data Kemendikbud masih banyak sekolah di daerah 3T yang membutuhkan bantuan para pendamping guru untuk membantu para guru dalam proses belajar mengajar. Kampus Mengajar angkatan 2 ini menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dengan besar harapan mahasiswa dapat memberikan perubahan dalam hal pendidikan di Indonesia dimasa pandemi seperti ini

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFaradiba, Surya SariNIDN0714108601UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Betty Rahmawati
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:37
Last Modified: 24 Apr 2024 07:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item