IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI SD NEGERI 1 DLEMER

Karlina, Aulia IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI SD NEGERI 1 DLEMER. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Kampus Mengajar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover)
19032010003_Cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
19032010003_Bab_1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19032010003_Bab_2.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (550kB)
[img] Text (Bab 3)
19032010003_Bab_3.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (281kB)
[img] Text (Bab 4)
19032010003_Bab_4.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (186kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19032010003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19032010003_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2025.

Download (594kB)

Abstract

Dewasa ini dunia sedang dihadapkan oleh berbagai perubahan di segala bidang yang teramat cepat dan disruptif. Abad XXI yang menyongsong era Industri 4.0 maupun era Society 5.0 menuntut kualitas sumber daya manusia yang adaptif serta berkualitas. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa yang dapat menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan dalam menghadapi perkembangan zaman. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills , menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiental learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya. Kampus Mengajar sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini digelar dalam rangka membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi pembelajaran, sehingga berdampak pada penguatan literasi dan numerasi terutama pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Suksesnya Kampus Mengajar Angkatan angkatan 1 membuat Kemendikbudristek membuka kembali Kampus Mengajar Angkatan 2. Diadakannya program Kampus Mengajar diharapkan dapat membantu permasalahan yang ada di Sekolah Dasar baik itu dari segi mengajar, administrasi sekolah, serta adaptasi teknologi. Sekolah Dasar Negeri Dlemer 1 yang terletak di Jalan Raya Dlemer, Kelurahan Dlemer, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu sekolah sasaran Program Kampus Mengajar. Masa pandemi COVID-19 tentunya menjadi kendala bagi setiap sekolah termasuk SD Negeri Dlemer 1 dikarenakan pembelajaran yang tidak bisa diterapkan secara maksimal. Mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab untuk membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, administrasi sekolah, adaptasi teknologi, serta meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hasil dari Program Kampus Mengajar ini adalah peningkatan kepekaan sosial pada diri mahasiswa serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan permasalahan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti permasalahan riil, manajemen diri, interaksi sosial, penanaman empati, kolaborasi, serta target pencapaian. Melalui Program Kampus Mengajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik dapat meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan dasar sehingga memacu pembangunan nasional. Selain itu, soft skills dan hard skills mahasiswa dapat terbentuk dengan kuat.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramujiono, AgungNIDN0719086601UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: AULIA KARLINA
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:37
Last Modified: 24 Apr 2024 07:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item