LAPORAN KEMAJUAN RISET TERAPAN : STRATEGI KETAHANAN PANGAN KAWASAN PERKOTAAN MELALUI PROGRAM URBAN FARMING DI KOTA MADIUN

Arif, Lukman and Hertati, Diana and Woro A, Sri Juni and Laila, Vani and Irawati, Sofi (2022) LAPORAN KEMAJUAN RISET TERAPAN : STRATEGI KETAHANAN PANGAN KAWASAN PERKOTAAN MELALUI PROGRAM URBAN FARMING DI KOTA MADIUN. Fisip UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text
41.STRATEGI_KETAHANAN_PANGAN KAWASAN_PERKOTAAN_organized.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Topik/tema penelitian ini Green Economy dengan Bidang sosial Humaniora selaras dengan Ketahanan Pangan di Indonesia masih menjadi isu persoalan yang menarik untuk di kaji. Pertumbuhan penduduk yang terus berkembang memberi konsekuensi bertambahnya bahan kebutuhan pangan yang harus tersedia. Wilayah perkotaan merupakan area dimana sumber produksi pangan terus mengalami penurunan, karena lahan pertanian yang semakin menyempit. Kondisi ini tidak saja menyebabkan produk bahan pangan menurun, tetapi juga dapat menyebabkan terganggunya ekosistem area persawahan karena terjadi banyak tanah pertanian yang beralih fungsi menjadi perumahan atau sejenisnya. Dampaknya tentu akan terganggunya kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Penelitian yang akan lakukan ini penting tidak saja untuk mengidentifikasi eksisting pemahaman masyarakat mengenai urban farming sebagai konsekuensi lahan pertanian perkotaan yang terus menyempit. Tetapi juga untuk mengidentifikasi potensin sumber daya serata faktor pendorong dan penghambat masyarakat dalam melaksanakan urban farming. Tujuan penelitian yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mengidentifikasi dukungan dan penguatan Pemerintah Daaerah dalam bentuk kesiapann regulasi tentang ketahan pangan memalui urban farming. Motede penelitian ini menggunakan paradigm kualitatif dengan penyajian yang bersifat diskriptif. Obyek penelitian ini mengenai Ketahanan Pangan Wilayah Perkotaan melalui program Urban Farming. Pengumpulan data dilakukan tidak saja menggunakan teknik wawancara tetapi juga menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap hasil penelitian ini menggunakan model yang oleh Miles Huberman (1997) disebut sebagai Analisis Interaktif dengan tahapan proses: Pengumpulan Data; Kondesasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Target luaran yang akan dicapai dan level TKT (Tingkat kesiapan Tekhnology) dari penelitian ini yaitu TKT 5 uji strategi kebijakan. Pencapaian IKU 2, 3 dan 5 meliputi : Pelibatan Kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya dalam kegiatan penelitian, kriteria luaran ilmiah yang terdaftar di sinta, kriteria konfrensi/seminar international dan Hak kekayaan Intelektual. Kata Kunci : Ketahanan Pangan, Kebijakan Publik, dan Urban Farming.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1401 Agriculture-Economic aspects
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 27 Apr 2023 15:05
Last Modified: 27 Apr 2023 15:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item