Budi Isharyono, Achmad (2023) INOVASI PELAYANAN PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL GO-ONLINE (GOOL) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
|
Text (COVER)
1641010045.-cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab I)
1641010045.-bab I.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2026. Download (170kB) |
||
|
Text (Bab II)
1641010045.-bab II.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
1641010045.-bab III.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2026. Download (84kB) |
||
Text (Bab IV)
1641010045.-bab IV.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2026. Download (1MB) |
||
|
Text (Bab V)
1641010045.- bab V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1641010045.-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
1641010045.-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2026. Download (142kB) |
Abstract
Administrasi kependudukan merupakan sebuah dokumen yang penting untuk dimiliki oleh setiap masyarakat. Selain berguna untuk identitas diri, dokumen kependudukan nantinya juga berfungsi untuk mengakses berbagai pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo dalam meningkatkan pelayanan yang diberikan pada masyarakat menciptakan sebuah inovasi pelayanan kependudukan yang bernama Go-Online (GOOL). Langkah ini menjadi solusi terbaik dalam memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Dispendukcapil Kota Probolinggo terus berusaha mengoptimalkan layanan melalui inovasi bersistem online. Akan tetapi dengan adanya inovasi tersebut, dalam pengembangannya masih ditemukan kekurangan dan kelemahan, terlebih lagi culture masyarkat Probolinggo yang masih juga menyesuaikan dengan adnaya inovasi tersebut. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data primer melalui wawancara in depth interview serta observasi dari informan terkait. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1.Relative Advantage bahwa masyarkat di Kota Probolinggo masih cenderung lebih suka menggunakan layanan offline daripada online dikarenakan inovasi lyanan juga dalam masa transisi dalam mengubah budaya masyarakat yag dahulunya offline untuk berganti layanan online. 2. Compability (Kesesuaian) proses penyesuaian inovasi layanan administrasi kependudukan Go-Online (GOOL) masih dalam kondisi transisi penyesuaian dari layanan offline ke online mengalami hambatan yang dilatarbelakangi oleh budaya masyarakat Kota Probolinggo yang rata-rata masih terbiasa menggunakan layanan offline, sehingga membutuhkan waktu dalam proses pengembangan inovasi layanan tersebut. 3. Complexity (Kerumitan) layanan administrasi kependudukan Go-Online (GOOL) adanya pembelajaran dan penyesuaian, karena sosialisasi yang terus dijalankan dengan prosedur yang ada. 4. Triability (Dapat diuji Coba) inovasi layanan Go-online (GOOL) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo mampu memberikan kemudahan dan memangkas waktu yang lebih cepat daripada layanan offline. 5. Observeability (Dapat di observasi) hadirnya Inovasi Pelayanan Publik Go-online (GOOL) di Kota Probolinggo, yaitu waktu pelayanan yang diberikan menjadi lebih cepat dan mudah dibandingkan sebelum adanya inovasi. Kata Kunci: Inovasi Layanan Go-Online (Gool), Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economics |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Achmad Budi Isharyono | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:35 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12942 |
Actions (login required)
View Item |