EDUKASI MANAJEMEN STRES SAAT BELAJAR KEPADA PESERTA DIDIK SMP N 36 SURABAYA DAN SMA N 10 SURABAYA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PASCA PANDEMI COVID-19

Lestari, Safira Rizka and Kusuma, Ramadhani Mahendra and Angreini, Mitha Anggisna and Sulistiyantoro4, Harya and Supriadi, Yudi Nur (2022) EDUKASI MANAJEMEN STRES SAAT BELAJAR KEPADA PESERTA DIDIK SMP N 36 SURABAYA DAN SMA N 10 SURABAYA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PASCA PANDEMI COVID-19. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 2 (2). pp. 195-203. ISSN 2776-382X

[img]
Preview
Text
EDUKASI MANAJEMEN STRES SAAT BELAJAR KEPADA PESERTA DIDIK SMP N 36 SURABAYA DAN SMA N 10 SURABAYA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PASCA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19 di sektor pendidikan adalah dengan menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh sehingga proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Seiring dengan menurunnya laju penyebaran virus Covid-19, pembelajaran luring atau Pembelajaran Tatap Muka kini mulai diterapkan kembali. Kota Surabaya merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang telah melakukan transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan di kalangan siswa SMP N 36 Surabaya dan SMA N 10 Surabaya, terdapat beberapa kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring dan luring diantaranya ketidakmampuan siswa dalam mengelola stres sehingga waktu belajar tidak efisien. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan manajemen stres dilakukan saat belajar bagi mahasiswa di SMP N 36 Surabaya dan SMA N 10 Surabaya dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh dan Pandemi Pasca Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh 33 siswa SMP N 36 Surabaya dan 28 siswa SMA N 10 Surabaya. Kegiatan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, seluruh mahasiswa dari SMP N 36 Surabaya dan SMA N 10 Surabaya mengikuti kegiatan pendidikan manajemen stres selama belajar hingga akhir kegiatan. Siswa dari kedua sekolah dapat mengenali atau mengidentifikasi gejala stres yang ditunjukkan oleh hasil kuesioner sederhana Kata Kunci: Edukasi; Manajemen Stres; Pembelajaran Jarak Jauh; Covid-19

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: Ramadhani Mahendra Kusuma, S.P., M.P., M.Sc
Date Deposited: 17 Apr 2023 12:50
Last Modified: 17 Apr 2023 12:50
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12937

Actions (login required)

View Item View Item