PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENJUALAN BARANG SWALAYAN BROMO BARU

Mahardhika, I Made Pande Kresna (2023) PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENJUALAN BARANG SWALAYAN BROMO BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
1634010039-cover.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
1634010039-bab1.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
1634010039-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 March 2025.

Download (993kB)
[img] Text (Bab 3)
1634010039-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 30 March 2025.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
1634010039-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 March 2025.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
1634010039-bab5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
1634010039-daftarpustaka.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
1634010039-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 30 March 2025.

Download (90kB)

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang retail mempunyai strategi pemasaran baru. Strategi tersebut adalah pembuatan website e-commerce mengingat pertumbuhan bisnis melalui internet yang semakin hari bertambah dan sebagai alternatif bisnis yang memberikan kemudahan bagi seller dan buyer. Teknologi yang digunakan adalah Data Mining karena banyaknya jumlah produk yang dijual serta transaksi pembelian yang telah mencapai angka ribuan. Dengan teknik tersebut, dapat dilakukan analisis terhadap perilaku konsumen dalam kegiatan transaksinya. Salah satu metode dalam teknik data mining, yaitu Association Rule (Aturan Asosiasi). Penelitian ini menggunakan metode Algoritma Apriori yang digunakan untuk mencari frekuensi dan keterkaitan itemset dari kumpulan data yang diolah dimana telah ditentukan syarat minimum support dan syarat minimum confidence terlebih dahulu. Kemudian, Algoritma Apriori melakukan analisis kandidat itemset-1 dan menghasilkan beberapa data dimulai dari Frequent Itemset-1, Frequent Itemset-2, Frequent Itemset-3 dan menghasilkan output berupa aturan asosiasi yang akan digunakan sebagai rekomendasi produk. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan minimum support 2 dan minimum confidence 50 akan menghasilkan jumlah hasil analisis terbanyak dibandingkan dengan minimum support 3 dan 4, tetapi memerlukan proses waktu terlama yaitu 127 detik sedangkan minimum support 3 dan 4 hanya memerlukan waktu kurang dari 1 detik. Dengan menggunakan nilai minimum support >= 5 bisa menggagalkan proses mining dikarenakan tidak ada data yang lolos dari perhitungan itemset-2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAditiawan, Firza PrimaNIDN0434010322firzaprima.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorVia, Yisti VitaNIDN0025048602yistivia.if@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: I Made Pande Kresna Mahardhika
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:11
Last Modified: 30 Mar 2023 06:11
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12475

Actions (login required)

View Item View Item