PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK DISKON DENGAN SYARAT TIDAK JELAS MELALUI IKLAN YANG MENYESATKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

PRADINI, ARNANDITA DINDA (2018) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK DISKON DENGAN SYARAT TIDAK JELAS MELALUI IKLAN YANG MENYESATKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img] Text
COVER.docx

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (33kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis bermaksud untuk mengetahui perlindungan bagi konsumen yang mengalami kerugian terhadap barang yang dijual secara diskon tanpa disertai informasi yang jelas. Dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian menggunakan pendekatan kasus yang disertai dengan Undang-Undang. Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999. Sumber yang diperoleh dari literature dan perundang-undangan yang berlaku. Diskon yang dicantumkan melalui iklan adalah strategi yang baik bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan peningkatan penjualan. Agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut maka promosi melalui iklan diperlukan. Secara garis besar isi dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen terdiri dari fungsi iklan sebagai media penyampaian informasi bila dikaitkan dengan Hak atas Informasi yang harus diberikan kepada konsumen. Iklan atas penjualan produk secara diskon tanpa disertai informasi yang jelas itu melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, serta pelaku usaha yang menjual produk secara diskon tanpa informasi yang jelas bertanggung gugat atas kerugian konsumen. Konsumen seringkali masih menjadi pihak yang dirugikan karena adanya iklan yang tidak jelas, dengan demikian adanya Undang-Undang Perlindungan konsumen akan menciptakan system perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum bila terjadi penyalah gunaan iklan. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Produk Diskon Tanpa Informasi Yang jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSulistiyantoro, HariyoNIDN0025066210UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:09
Last Modified: 13 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item