PRADINI, ARNANDITA DINDA (2018) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK DISKON DENGAN SYARAT TIDAK JELAS MELALUI IKLAN YANG MENYESATKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
Text
COVER.docx Download (136kB) |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Registered users only until 2024. Download (45kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Registered users only until 2024. Download (33kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Registered users only until 2024. Download (34kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini penulis bermaksud untuk mengetahui perlindungan bagi konsumen yang mengalami kerugian terhadap barang yang dijual secara diskon tanpa disertai informasi yang jelas. Dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian menggunakan pendekatan kasus yang disertai dengan Undang-Undang. Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999. Sumber yang diperoleh dari literature dan perundang-undangan yang berlaku. Diskon yang dicantumkan melalui iklan adalah strategi yang baik bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan peningkatan penjualan. Agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut maka promosi melalui iklan diperlukan. Secara garis besar isi dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen terdiri dari fungsi iklan sebagai media penyampaian informasi bila dikaitkan dengan Hak atas Informasi yang harus diberikan kepada konsumen. Iklan atas penjualan produk secara diskon tanpa disertai informasi yang jelas itu melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, serta pelaku usaha yang menjual produk secara diskon tanpa informasi yang jelas bertanggung gugat atas kerugian konsumen. Konsumen seringkali masih menjadi pihak yang dirugikan karena adanya iklan yang tidak jelas, dengan demikian adanya Undang-Undang Perlindungan konsumen akan menciptakan system perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum bila terjadi penyalah gunaan iklan. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Produk Diskon Tanpa Informasi Yang jelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law > Departement of Law | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 07:09 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12107 |
Actions (login required)
View Item |