Muhammad Yasin, Afrizal (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI COMPUTER BASED TEST BERBASIS WEBSITE. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
|
Text (Cover)
17081010092_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
17081010092_BAB 1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
17081010092_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2026. Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 3)
17081010092_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2026. Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (Bab 4)
17081010092_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2026. Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (Bab 5)
17081010092_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2026. Download (130kB) | Request a copy |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
17081010092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
17081010092_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2026. Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Evaluasi hasil pembelajaran di dunia pendidikan dilakukan pada peserta didik untuk menentukan tingkat kemampuan atau keberhasilan saat menjalani proses pendidikan. Dalam menentukan kualitas dari hasil belajar peserta didik dalam satu semester perlu adanya ujian akhir. Tujuan ujian akhir adalah untuk memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik selama mengikuti pendidikan yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Di era pandemi lembaga pendidikan menyelenggarakan ujian akhir secara online melalui berbagai platform. Namun dari berbagai platform tersebut masih memiliki kekurangan untuk tenaga pendidik selaku penilai dalam menentukan tingkat kemampuan atau keberhasilan saat menjalani proses pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik. Dalam penilaian soal bertipe essai tenaga pendidik akan mengoreksi satu persatu jawab yang cukup memakan waktu lama. Pada platform yang sebelumnya digunakan masih belum menyediakan fungsi pengoreksi untuk jenis soal essai. Penelitian ini akan menggunakan kombinasi metode TF-IDF dan Jaccard Similarity untuk mengoreksi jawab essai. Metode Jaccard Similarity merupakan metode yang dapat membandingkan antar dua objek dengan menghitung kemiripan atau perbedaan dari objek tersebut. Pada isian jawaban yang diisikan oleh peserta didik terdapat kalimat jawaban yang berbeda-beda dan dari kalimat jawaban tersebut nantinya akan dipecah menjadi kata-kata yang akan memiliki bobot. Untuk mendapatkan kata-kata dan nilai bobot maka menggunakan TF-IDF (Term Frequency – Inverse Document Frequency). Pembobotan TF-IDF merupakan metode untuk memberikan bobot hubungan dari suatu kata (term) terhadap suatu dokumen berdasarkan dua konsep, yaitu frekuensi kemunculan kata di dalam sebuah dokumen dan inverse frekuensi dokumen yang mengandung kata tersebut. Dengan menggunakan pembobotan TF-IDF yang dapat memberikan nilai bobot pada setiap kata dalam dokumen dapat membantu Jaccard Similarity untuk memproses kata secara maksimal. Dengan adanya aplikasi Computer Based Test berbasis website ini mempermudah kinerja tenaga pendidik dalam memberikan nilai ujian. Hasil dari penilitian ini adalah metode TF-IDF dan Jaccard Similarity telah berhasil untuk mengoreksi ujian essai secara otomatis pada sistem ujian berbasis computer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Afrizal Afrizal Yasin | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 06:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11849 |
Actions (login required)
View Item |