RANCANG BANGUN APLIKASI “KUIS JAWA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA PENGACAKAN FISHER- YATES

RAMADHAN, DEDY (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI “KUIS JAWA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA PENGACAKAN FISHER- YATES. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18081010020_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
18081010020_Bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
18081010020_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (134kB)
[img] Text (BAB 3)
18081010020_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (874kB)
[img] Text (BAB 4)
18081010020_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
18081010020_Bab5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18081010020_Daftar_pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda antara satu bahasa dengan bahasa yang lain. Salah satunya adalah bahasa jawa yang merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya dan patut untuk dilestarikan. Bukan hanya sebagai alat komunikasi namun bahasa Jawa juga merupakan warisan kebudayaan, sehingga hilangnya sebuah bahasa berarti hilangnya sebuah cara pandang untuk melihat dunia. Kuis Jawa adalah permainan kuis berbasis Android yang mempelajari tentang bahasa jawa. Aplikasi Kuis Jawa dapat diakses melalui smartphone android masing-masing dan juga dimasukkan elemen-elemen permainan agar lebih menarik pemain dalam menjawab setiap pertanyaan. Aplikasi Kuis Jawa juga menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak soal agar pemain tidak mudah bosan. Sehingga dengan adanya aplikasi Kuis Jawa diharapkan dapat membantu orang yang ingin mempelajari bahasa jawa dengan cara yang menarik dan dapat mudah diakses melalui smartphone android, dimana hasil penerapan algoritma Fisher-Yates Shuffle menunjukkan bahwa algoritma tersebut berhasil mengacak urutan soal setiap memulai permainan baru dan juga hasil pengacakannnya yang tidak berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAnggraeny, Fetty TriNIDN0711028201UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSwari, Made Hanindia PramiNIDN0805028901UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Dedy Ramadhan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:07
Last Modified: 27 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item