Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Web Dengan Metode Gamifikasi Menggunakan Framework Codeigniter Pada Program Studi Informatika UPN “Veteran” Jawa Timur

Hilal, Muhammad (2023) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Web Dengan Metode Gamifikasi Menggunakan Framework Codeigniter Pada Program Studi Informatika UPN “Veteran” Jawa Timur. Undergraduate thesis, UPN “Veteran” Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18081010061-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
18081010061-bab 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
18081010061-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (336kB)
[img] Text (BAB 3)
18081010061-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
18081010061-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 January 2026.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
18081010061-bab 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18081010061-daftar pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Peran pendidikan yang sangat penting terhadap perkembangan individu manusia, terutama dalam dunia perkuliahan yang dimana setiap mahasiswa diwajibkan memiliki bekal ilmu yang akan mereka bawa saat lulus nantinya. Dengan maraknya perkembangan digital juga, transformasi model pembelajaran yang sebelumnya hanya dapat dilakukan di lingkungan akademik, menjadi dapat diakses dimana saja dan kapan saja, terlebih dengan perkembangan Internet of Things yang memudahkan mahasiswa untuk mengakses pembelajaran, ditambah dengan bencana Covid-19 yang sempat membuat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dihentikan sesaat. Pantangan dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang dialami oleh setiap mahasiswa adalah kemudahan yang membuat mereka menjadi tidak semangat dalam belajar. Perlunya motivasi dalam kegiatan belajar mengajar secara online juga sebagai hal utama, maka dari itu penelitain ini mengembangkan aplikasi pembelajaran secara online, yang membuat mahasiswa mudah dalam mengakses kelas dengan menambahkan metode gamifikasi yang dapat memotivasi mahasiwa dalam belajar lebih giat dan menggali ilmu lebih dalam lagi. Dengan pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menilai apakah aplikasi yang dikembangkan sangat relevan dan tepat untuk mahasiswa yang akan menggunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWirya Atmaja, PratamaNIDN0006018407UNSPECIFIED
Thesis advisorMumpuni, RetnoNIDN0016078703UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Hilal Muhammad
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:19
Last Modified: 27 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item