Putri, Rizqy Ahsana (2023) ASPECT-BASED SENTIMENT ANALYSIS PADA ULASAN APLIKASI BCA MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE TF-IDF DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
19081010058_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
19081010058_Bab1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
19081010058_Bab2.pdf Restricted to Registered users only until 26 January 2026. Download (278kB) |
||
Text (Bab 3)
19081010058_Bab3.pdf Restricted to Registered users only until 26 January 2026. Download (756kB) |
||
Text (Bab 4)
19081010058_Bab4.pdf Restricted to Registered users only until 26 January 2026. Download (1MB) |
||
|
Text (Bab 5)
19081010058_Bab5.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
19081010058_Daftar_pustaka.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
BCA mobile merupakan salah satu aplikasi mobile banking yang populer di Indonesia. Aplikasi BCA mobile versi android dapat diunduh gratis melalui Google Playstore. Di google playstore, para calon user bisa melihat ulasan-ulasan untuk mengetahui pengalaman pengguna lain dalam menggunakan aplikasi tersebut. Selain berguna bagi calon user, ulasan ini juga berguna bagi developer aplikasi untuk dapat mengetahui aspek-aspek apa saja yang sudah baik dan aspek-aspek apa yang kurang baik sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi untuk update kedepannya. Penelitian ini akan mengimplementasikan algoritma Naïve Bayes Classifier dan metode TF-IDF untuk melakukan analisis sentimen berbasis aspek pada ulasan aplikasi BCA mobile, yang bertujuan untuk mengukur tingkat performansi algoritma Naïve Bayes dalam mengklasifikasi ulasan ke dalam dua kelas, yaitu kelas sentimen positif-negatif, sekaligus mengetahui kelebihan dan kelemahan aplikasi BCA mobile. Dataset yang digunakan sebanyak 1000 data ulasan yang di-scrapping dari Google Playstore. Dari hasil pengujian didapat tingkat akurasi yang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 82% sampai 96%. Selain itu, dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa kelebihan yang dimiliki aplikasi BCA mobile terdapat pada aspek efficiency dan satisfaction. Sedangkan untuk kelemahannya, BCA mobile masih banyak mendapat sentimen negatif terutama pada aspek learnability dan error. Kata Kunci : Naïve Bayes, TF-IDF, Analisis Sentimen, BCA mobile
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Rizqy Ahsana Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11770 |
Actions (login required)
View Item |