PERANCANGAN REBRANDING DEPOT BU TOEGIJO SURABAYA

KHALISHA, NADHIRA REFINA (2020) PERANCANGAN REBRANDING DEPOT BU TOEGIJO SURABAYA. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab VII.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Adanya globalisasi yang menyangkut banyak bidang, terutama kuliner sangat membahayakan eksistensi makanan tradisional. Apalagi masyarakat saat ini lebih banyak memilih menyukai makanan dari luar negeri daripada makanan khas negeri sendiri. Tentu hal ini memunculkan rasa prihatin karena seharusnya budaya negeri bisa lebih dikembangkan lagi. Maka dari itu dibuatlah perancangan ini dengan mengangkat Depot Bu Toegijo yang menjual makanan spesialis gudeg dan masakan jawa lainnya agar branding produk kuliner tradisional tidak tertinggal dari produk-produk kuliner modern. Perancangan rebranding Depot Bu Toegijo ini dilakukan dengan dua cara yakni riset kualitatif meliputi observasi dan wawancara narasumber. Yang kedua yakni riset kuantitatif meliputi penyebaran kuisioner melalui google form kepada pelanggan Bu Toegijo yang mengakses internet. Dengan kedua riset ini maka ditemukan data-data yang valid dan penting untuk menunjang pengerjaan perancangan ini. Selain itu penelitian melalui buku, literatur, internet, dan jurnal ikut membantu keberlangsungan dalam mengolah data. Dari data-data yang didapatkan akan dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif meliputi observasi, wawancara, kuisioner yang dirangkum dan TOWS Matrix untuk menentukan keyword, konsep, konten dan strategi media kedepannya. Setelah menentukan keseluruhan itu maka pembuatan identitas untuk merancang rebranding dan media yang digunakan lebih mudah untuk dibuat. Pengembangan keyword yang tepat akan membantu dalam membentuk konsep desain. Untuk perancangan ini dibuatnya konsep visual seperti logo, konsep fotografi makanan, tipografi serta warna. Untuk konsep verbal, cara komunikasi yang tepat, cara penyampaian dan bahasa yang digunakan sangat mempengaruhi.keseluruhan. Dengan dirancangnya rebranding ini diharapkan mampu mengangkat citra Depot Bu Toegijo agar lebih dikenal banyak orang kedepannya. Kata Kunci : Rebranding, Kuliner, Budaya, Gudeg, Surabaya

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCHIDTIAN, AILEENA SOLICITOR COSTA RICA ELNIDN0019018702UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:08
Last Modified: 05 Jan 2021 05:08
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item