ANALISIS PENGARUH KUALITAS SITUS KURASI BUDAYA DAN GAYA HIDUP (KULTUR EKSTENSIF) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

HAMMAD, ILHAM MALIK (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS SITUS KURASI BUDAYA DAN GAYA HIDUP (KULTUR EKSTENSIF) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB1.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2025.

Download (642kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2025.

Download (1MB)
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2025.

Download (350kB)
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2025.

Download (997kB)
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Website Kultur Ekstensif merupakan portal berita atau media yang membawakan berita sidestream serta melakukan kurasi terhadap materi yang akan diberitakan seperti cerita dan artikel yang berkaitan dengan musik, mode, makanan, dan gaya hidup. Pada website Kultur Ekstensif juga terdapat fitur seperti submission, advertising, dan carreer. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kualitas website Kultur Ekstensif berdasarkan epuasan pengguna terhadap kinerja aktual dan harapan, penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 yang berfokus pada 4 variabel yaitu: usability quality, information quality, service interaction quality, dan user satisfaction sebagai dasar perancangan kuesioner. Lalu, untuk menganalisa menggunakan metode WebQual Index (WQI) untuk menghitung kualitas website dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur nilai kesesuaian, nilai kesenjangan, dan kuadran IPA untuk rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan jumlah responden dam jumlah responden yang didapatkan sebanyak 106 responden yang pernah mengakses website Kultur Ekstensif. Berdasarkan hasil analisis dengan metode WQI, nilai rata-rata dari seluruh variabel yaitu 0,9513 berarti sudah lebih dari cukup namun masih kurang. Kemudian, nilai rata-rata dari nilai kesesuaian antara kinerja aktual dan harapan masih < 100% yaitu 85,9258%. Kemudian, nilai rata-rata GAP sebesar -0,5875 yang berarti kualitas kinerja aktual pada website Kultur Ekstensif saat ini belum memenuhi tingkat kepentingan yang diharapkan oleh pengguna. Pada hasil kuadran terdapat 6 indikator yang perlu dijadikan prioritas dalam perbaikan, terdapat 9 indikator yang perlu dijaga kualitasnya, terdapat 9 indikator yang perlu dijaga serta dilakukan perbaikan, terdapat 5 indikator yang berlebihan kinerjanya sehingga fokus lebih diarahkan ke indikator yang menjadi prioritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahajoe, Ani Dijah0012057301anidijah.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorMandyartha, Eka Prakarsa0725058805eka_prakarsa.fik@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: ilham malik
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:27
Last Modified: 24 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11451

Actions (login required)

View Item View Item