TINGKAT KONTAMINASI CEMARAN Coliform, Escherichia coli DAN Salmonella sp. PADA BAKSO CURAH DAN KEMASAN YANG DIJUAL DI P.D. PASAR SURYA WILAYAH SURABAYA TIMUR

Sholichah, Alfiyatus (2022) TINGKAT KONTAMINASI CEMARAN Coliform, Escherichia coli DAN Salmonella sp. PADA BAKSO CURAH DAN KEMASAN YANG DIJUAL DI P.D. PASAR SURYA WILAYAH SURABAYA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2025.

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2025.

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2025.

Download (521kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2025.

Download (860kB)

Abstract

Coliform, Escherichia coli dan Salmonella sp. adalah bakteri patogen penyebab foodborne disease yang sering mencemari makanan berbahaya bagi kesehatan manusia. Penjualan bakso daging tanpa kemasan yang disertai dengan buruknya kondisi higiene dan sanitasi lingkungan berpotensi terjadinya kontaminasi Coliform, Escherichia coli dan Salmonella sp. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi higiene pedagang dan sanitasi tempat penjualan bakso daging curah dan kemasan di Perusahaan Daerah Pasar Surya wilayah Surabaya Timur serta mendeteksi keamanan pangan bakso ditinjau dari tingkat kontaminasi bakteri, cemaran bakteri Coliform, Escherichia coli dan Salmonella sp. serta mengetahui hubungan higiene pedagang dan sanitasi tempat penjualan terhadap tingkat kontaminasi bakteri, cemaran bakteri Coliform, Escherichia coli dan Salmonella sp. pada bakso curah dan kemasan. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Untuk mengetahui hubungan antara higiene pedagang dan sanitasi tempat penjualan dengan kualitas mikrobiologi bakso daging curah dan kemasan menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontaminasi bakteri lebih tinggi dalam bakso daging curah (5,29 Log CFU/g) dibandingkan bakso kemasan (3,64 Log CFU/g), Cemaran bakteri Coliform pada bakso daging curah yang melebihi batas maksimum yang ditetapkan BSN 2014 sebesar 60 % lebih tinggi dibandingkan dengan bakso kemasan (20%). Cemaran Escherichia coli pada bakso daging curah (40%) lebih tinggi dibandingakan kemasan (20%) serta Cemaran Salmonella sp pada bakso daging curah (33,3%) lebih rendah dibandingkan dengan bakso kemasan (40%). Ada hubungan yang signifikan (p < 0,05) antara higiene pedagang dan sanitasi tempat penjualan dengan tingkat kontaminasi bakteri, cemaran Coliform, Escherichia coli dan Salmonella sp. Kata Kunci : bakso curah, bakso kemasan, bakteri Coliform, Escherichia coli, Salmonella sp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Food Engineering
Depositing User: Perempuan Alfiyatus Sholichah
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:18
Last Modified: 17 Jan 2023 06:11
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item