Sistem Produksi Dan Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengantongan Semen Bag 40 Kg di PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk, Packing Plant Banyuwangi dengan Pendekatan Six Sigma

ROFIATUL, ADAWIYAH (2022) Sistem Produksi Dan Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengantongan Semen Bag 40 Kg di PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk, Packing Plant Banyuwangi dengan Pendekatan Six Sigma. Project Report (Praktek Kerja Lapang). UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2025.

Download (870kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2025.

Download (683kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2025.

Download (219kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2025.

Download (1MB)

Abstract

Kualitas merupakan salah satu faktor yang penting bagi setiap perusahaan industri. Dengan adanya pengendalian kualitas merupakan jaminan bagi perusahaan untuk mendapatkan mutu barang dengan hasil yang baik dan memuaskan. CTQ merupakan suatu cara pengukuran produk atau proses yang mana standar kinerja atau batas spesifikasinya harus sesuai dengan kepuasan pelanggan. Berdasarkan CTQ yang diamati terdapat 3 jenis cacat, yaitu pada bagian mulut sak semen yang kurang kuat, Kurangnya lem pada sak semen dan adanya lubang/sobek pada body kantong semen. Berdasarkan perhitungan nilai sigma dapat diketahui bahwa tingkat sigma PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk PP Banyuwangi tergolong baik. PT Semen Indonesia (Persero), Tbk memiliki rata-rata tingkat sigma sebesar 4.5644. Dengan demikian dapat diketahui bahwa PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk tergolong sangat kompetitif di bidang perindustrian dalam hal pengendalian kualitas sesuai dengan standar perindustrian di USA sebesar 4 sigma. Tindakan perbaikan yang dapat segera dilakukan perbaikan adalah dilakukan peninjauan kembali terhadap inspeksi PT. Industri Kemasan Semen Gresik sehingga kantong yang diterima oleh PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk tidak ada yang cacat. Perlu juga adanya pengecekan sampel kantong sebelum diisi dengan semen. Hal ini merupakan tindakan prefentif sehingga pecahnya kantong semen karena cacat kantong dapat terminimalisir. Penerapan metode Six sigma pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk khususnya pada seksi Packer Operation bertujuan sebagai sistem pengendalian kualitas yang terstruktur serta berfungsi untuk meminimalkkan produk defect yang dihasilkan dan mengarah pada konsep “zero defect”.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFARIDA, PULANSARI0703027901UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Rofiatul Adawiyah Adawiyah
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:43
Last Modified: 23 Dec 2022 07:43
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item