NABILIANSYAH, RAHMAT (2022) MANAJEMEN LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR KEMBANG KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" JAWA TIMUR.
|
Text
Cover-1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 15 November 2025. Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 15 November 2025. Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 15 November 2025. Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 15 November 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen lalu lintas diperlukan untuk mengatur lalu lintas pada jalan di suatu kota agar tertib dan tidak terjadi kemacetan. Kemacetan yang terjadi di Jalan Pasar Kembang – Jalan Arjuno – Jalan Kedung Doro dan simpang yang berdekatan dengan Pasar Kembang diakibatkan banyaknya pengunjung Pasar Kembang yang parkir tidak pada tempatnya, banyaknya kendaraan tidak bermotor yang beraktivitas di sekitar pasar, dan banyaknya parkir liar dari toko dan tempat makan di sekitar pasar. Pada penelitian ini digunakan metode-metode perhitungan yang berpedoman pada PKJI 2014 tentang Jalan Perkotaan dan PKJI 2014 tentang Simpang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Data primer yang dibutuhkan untuk penelitian ini yaitu data geometri jalan, data arus lalu lintas, data hambatan samping, data geometrik simpang, data arus lalu lintas simpang dengan APILL, data waktu antar isyarat hijau, dan data waktu hilang simpang dengan APILL, Sedangkan untuk data sekunder pada penelitian ini adalah gambar layout Pasar Kembang dan data LHR dari Jalan Pasar Kembang, Jalan Arjuno, dan Jalan Kedung Doro. Dari hasil perhitungan kinerja lalu lintas, didapatkan derajat kejenuhan (DJ) pada kondisi eksisting Jalan Pasar Kembang ke arah utara sebesar 0.98, Jalan Pasar Kembang ke arah selatan sebesar 0.98, Jalan Arjuno ke arah timur sebesar 0.94, Jalan Arjuno ke arah barat sebesar 0.51, Jalan Kedung Doro ke arah utara sebesar 0.98, dan Jalan Kedung Doro ke arah selatan sebesar 0.94. Sedangkan untuk derajat kejenuhan pada umur rencana 5 tahun Jalan Pasar Kembang ke arah utara sebesar 0.99, Jalan Pasar Kembang ke arah selatan sebesar 0.99, Jalan Arjuno ke arah timur sebesar 0.95, Jalan Arjuno ke arah barat sebesar 0.53, Jalan Kedung Doro ke arah utara sebesar 0.99, dan Jalan Kedung Doro ke arah selatan sebesar 0.95. Lalu untuk derajat kejenuhan (DJ) simpang dengan APILL pada kondisi eksisting Jalan Pasar Kembang sebesar 0.77 dan tundaan rata-rata (T) = 39.61 detik/skr, Jalan Arjuno sebesar 0.73 dan tundaan rata-rata (T) = 51.30 detik/skr, dan Jalan Kedung Doro tidak memiliki derajat kejenuhan (DJ) dan tundaan rata-rata (T) karena merupakan lengan simpang yang jalan terus. Sedangkan untuk derajat kejenuhan simpang dengan APILL pada umur rencana 5 Jalan Pasar Kembang seebsarr 0.78 dan tundaan rata-rata (T) = 37.96 detik/skr, Jalan Arjuno sebesar 0.74 dan tundaan rata-rata (T) = 44.61 detik/skr, dan Jalan Kedung Doro tidak memiliki derajat kejenuhan (DJ) dan tundaan rata-rata (T) karena merupakan lengan simpang yang jalan terus. Kata Kunci: Kemacetan, Pasar Kembang, kinerja lalu lintas, kinerja simpang dengan APILL, derajat kejenuhan, kondisi eksisting, dan kondisi umur rencana 5 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Rahmat Nabiliansyah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 06:25 | ||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 06:25 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10260 |
Actions (login required)
View Item |