Pembuatan Green Diesel dengan Variasi Feedstock Menggunakan Katalis (CoMo/ɣ-Al2O3 dan NiMo/ɣ-Al2O3) dengan Proses Hidrogenasi

Sumarmiyati, Firza Okta (2022) Pembuatan Green Diesel dengan Variasi Feedstock Menggunakan Katalis (CoMo/ɣ-Al2O3 dan NiMo/ɣ-Al2O3) dengan Proses Hidrogenasi. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18031010118-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
18031010118-bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
18031010118-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (242kB)
[img] Text (Bab 3)
18031010118-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (337kB)
[img] Text (Bab 4)
18031010118-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (381kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
18031010118-bab5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18031010118-daftarpustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18031010118-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (1MB)

Abstract

Minyak biji kapuk, minyak biji jarak kepyar, dan CPO Off-grade merupakan minyak nabati yang tidak dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, namun berpotensi besar sebagai Bahan Bakar Nabati (BBN) seperti green diesel. Green diesel merupakan bahan bakar ramah lingkungan yang dapat secara langsung digunakan tanpa penambahan solar. Proses pembuatan green diesel terdiri dari proses pre-treatment bahan baku dan sintesis green diesel. Pre-treatment dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan gum dan menurunkan kadar Free Fatty Acid (FFA) pada bahan baku sebelum diproses menjadi green diesel. Penelitian ini bertujuan untuk membuat green diesel dari ketiga bahan baku yang digunakan melalui proses hidrogenasi menggunakan katalis CoMo/ɣ-Al2O3 dan NiMo/ɣ-Al2O3 yang memenuhi SNI Biodiesel. Acuan efektifitas dan efisiensi produksi didasarkan pada persentase rendemen (%yield) dan karakteristik produk secara fisik dan kimia. Proses pembuatan green diesel dimulai dengan pemberian tekanan awal 30 bar, suhu 300ºC untuk tahap reaksi (stage) 1 selama 1 jam dan 400ºC untuk stage 2 selama 1 jam pada reaktor hidrogenasi jenis batch, dan penambahan katalis. Hasil green diesel terbaik didapatkan pada bahan CPO Off-grade menggunakan katalis NiMo/ɣ-Al2O3 dengan %yield sebesar 96,4626% dan hasil karakterisasi didapat bahwa Kandungan sulfur, Titik Nyala, Titik Tuang, Nilai Kalor, , GC-FID Liquid, Massa Jenis dan Cetane number telah memenuhi standar SNI Biodiesel, namun untuk nilai viskositas kinematik belum memenuhi standar SNI Biodiesel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyudi, Bambang0711075802UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP155 Chemical engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Chemical Engineering
Depositing User: Firza Okta Sumarmiyati
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:58
Last Modified: 15 Nov 2022 06:58
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item