Dayantie, Syavhira F. (2020) WANPRESTASI DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PASAR TURI. Other thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses penyelesaian wanprestasi yang terjadi antara debitur dan kreditur dalam kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah yuridis empiris, bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, dan wawancara. peneliitian juga berdasarkan melalui sumber data mencangkup peraturan perundang - undangan yang berlaku, jurnal ataupun artikel dan teori serta konsep hukum dan menurut peninjauan para sarjana hukum terkemuka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam permasalahan ini yang terjadi adalah pada awal proses pengajuan kredit sampai pembayaran ditahun pertama debitur cukup baik dalam proses pembayaran tanpa tunggakan dan tanpa masalah, namun memasuki tahun kedua dan ketiga banyak sekali debitur yang tidak mampu memenuhi atau lambat dalam memenuhi prestasinya sebagaimana dibuat dalam perjanjian kredit tersebut. Factor ini terjadi banyaknya usaha debitur yang menurun serta profit tidak stabil seperti diawal usaha itu dibangun. Menurunnya profit usaha debitur ini memicu debitur untuk telat bahkan tidak mampu membayar tunggakan sehingga debitur melakukan wanprestasi terhadap apa yang ia perjanjikan. Ia lalai dalam melaksanakan prestasinya. Pada permasalahan yang dihadapi oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Turi selaku kreditur yaitu banyaknya debitur yang sangat tidak kooperatif dalam proses penagihan, banyak debitur yang tidak merespon surat tagihan yang dikirim oleh Pihak BRI Unit Pasar Turi selaku kreditur. Proses penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Turi selaku kreditur dalam mengatasi kendala-kendala tersebut adalah pihak Bank akan mengirimkan surat teguran dan terus menerus akan melakukan penagihan, jika debitur belum juga memenuhi dan jika debitur tidak mampu membayar tagihan tersebut kreditur akan mengambil alih agunan yang diperjanjikan dalam perjanjian kredit sebagai pelunasan piutang tersebut. Kata Kunci : Perjanjian Kredit, Wanprestasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kredit Usaha
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law | ||||||||
Depositing User: | Users 14 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:01 | ||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:01 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |