OPERATIONAL AND ANALYTICAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA CV TITA JAYA

ROSPRISCILLA, TITA AYU (2020) OPERATIONAL AND ANALYTICAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA CV TITA JAYA. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV Tita Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang interior yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sampai saat ini CV Tita Jaya belum mempunyai sistem yang berbasis teknologi informasi yang digunakan sebagai sarana operasional perusahaan. Operasional perusahaan yang dimaksud meliputi proses pencatatan data pelanggan dan data transaksi. Dengan banyaknya pelanggan dan data transaksi yang manual, perusahaan kesulitan dalam mendefinisikan karakteristik pelanggannya. Sehingga dibuatlah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dengan analisis segmentasi pelanggan berdasarkan RFM (Recency, Frequency, Monetary) menggunakan metode clustering dengan algoritma k-means. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini tahapannya dimulai dari wawancara, studi literatur, analisis kebutuhan, pengumpulan data. studi pendahuluan, perancangan sistem, perancangan basis data, pembuatan program, dan yang terakhir adalah pengujian program. Operational CRM yang dihasilkan mendukung aktivitas seperti pengelolaan data pelanggan, data transaksi, jadwal pertemuan, proses promosi, dan form kontak yang dapat digunakan pelanggan mengirim pesan kepada admin untuk ditindak lanjuti. Analytical CRM dengan metode clustering menghasilkan 6 cluster. Masing-masing cluster dengan karakteristik pelanggan dormant customer dengan presentase 55%, typical customer dengan presentase 3.7%, superstar dengan presentase 1.6%, everyday shopper dengan presentase 9.4%, golden customer dengan presentase 1%, dan occational customer dengan presentase 29.3%. Kata kunci: Clustering, Customer Relationship Management (CRM), K-means, RFM (Recency, Frequency, Monetary)

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorITHRIAH, SYURFAH AYUNIDN0028018504UNSPECIFIED
Thesis advisorARIFIYANTI, AMALIA ANJANINIDN0712089201UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:57
Last Modified: 03 Dec 2020 01:57
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item