GIM FIRST PERSON SHOOTER “SHOOT OR REMINISCE” DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY (DDA)

Avianto, Dimas Rehan Nabiel (2022) GIM FIRST PERSON SHOOTER “SHOOT OR REMINISCE” DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY (DDA). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18081010021_Cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab1)
18081010021_Bab1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (Bab2)
18081010021_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 July 2024.

Download (116kB)
[img] Text (Bab3)
18081010021_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 July 2024.

Download (855kB)
[img] Text (Bab4)
18081010021_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 July 2024.

Download (537kB)
[img]
Preview
Text (Bab5)
18081010021_Bab5.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar_Pustaka)
18081010021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Permainan dengan tingkat kurva belajar yang tinggi dapat membuat pemain merasa terbatas untuk dapat menikmati permainan karena keterbatasan waktu dan tanggung jawab yang harus dipenuhi antara anak-anak, remaja dan orang dewasa. Bahkan, pemain mungkin merasa lebih stres daripada menghilangkan stres saat bermain game dengan kurva belajar yang tinggi. Dengan cara ini pengulangan permainan (replay value) berkurang. Dynamic Difficulty Adjustment adalah teknik yang secara adaptif mengubah kemudahan atau kesulitan permainan. Penyesuaian kesulitan dinamis dapat membantu desainer game memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan dan menantang kepada pemain secara bersamaan. Melalui DDA, sistem dapat menghitung strategi pemain. Jika pemain menggunakan strategi yang buruk, maka sistem dapat mengurangi kesulitan permainan dan memudahkan pemain untuk bermain. Teknik ini sangat bagus untuk membantu pemain baru mempelajari dasar-dasar permainan tanpa harus mengikuti langkah-langkah tutorial statis. Dalam game “Shoot or Reminisce” non-DDA tantangan yang diberikan tingkat kesulitannya cenderung mudah sehingga konten game secara keseluruhan kurang menarik bagi para pemain. Pada sistem dengan DDA pemain merasakan tantangan yang diberikan lebih bervariasi karena itu konten game secara keseluruhan lebih menarik bagi pemain, dengan begitu pemain lebih memilih game “Shoot or Reminisce” yang menggunakan sistem dynamic difficulty adjustment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor., Kartini0710116102kartini.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSihananto, Andreas Nugroho0012049005andreas.nugroho.jarkom@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Dimas Rehan Nabiel Avianto
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:14
Last Modified: 27 Jul 2022 08:14
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item