ANALISIS PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETIKEMAS DI TERMINAL NILAM PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA

MARGONO, NOVY CITRA (2021) ANALISIS PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETIKEMAS DI TERMINAL NILAM PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.PDF

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.PDF

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.PDF

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (114kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pelabuhan merupakan suatu tempat yang digunakan untuk berlabuhnya kapal antar daerah, antar pulau hingga antar negara. Salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia adalah Pelabuhan Tanjung Perak. Pelabuhan Tanjung Perak memiliki beberapa jenis terminal salah satunya yaitu Terminal Nilam. Terminal Nilam merupakan terminal multipurpose yang memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan terminal lainnya. Terminal Nilam melayani kegiatan bongkar muat seperti kegiatan bongkar muat petikemas, bongkar muat curah, dan bongkar muat kargo. Tingkat produktivitas bongkar muat di Terminal Nilam dipengaruhi beberapa faktor yaitu, Berthing Occupancy Ratio (BOR), Yard Occupancy Ratio (YOR) dan peralatan penunjang kegiatan bongkar muat. Berdasarkan hasil analisis data, dibedakan menjadi 2 yaitu, sebelum pandemi covid-19 dan selama pandemi covid-19. Nilai Berthing Occupancy Ratio (BOR) selama pandemi covid-19 pada tahun 2020 mengalami penurunan 0,94% dari tahun sebelum pandemi covid-19. Nilai BTP pada tahun 2020 memiliki lebih kecil dari nilai kapasitas dermaga pada tahun 2020, maka kapasitas dermaga masih mampu untuk melayani arus kapal dengan baik. Nilai Yard Occupancy Ratio (YOR) mengalami penurunan sebesar 1,12% dari tahun sebelum pandemi covid-19. Peralatan penunjang bongkar muat Container Crane di Terminal Nilam selama pandemi covid-19 mengalami penurunan sebesar 1,05% dari tahun sebelum pandemi covid-19. Dari hasil analisis peramalan dengan umur rencana 5 tahun didapatkan nilai Berthing Occupancy Ratio (BOR) dengan nilai tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebesar 76,76%, dan nilai Yard Occupancy Ratio (YOR) tertinggi terjadi pada tahun 2025 sebesar 85,29%. Kata kunci: Pelabuhan, produktivitas, bongkar muat, umur rencana, Berthing Occupancy Ratio (BOR), Yard Occupancy Ratio (YOR).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUTOMO, NUGROHONIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Mujari Mujari
Date Deposited: 20 Dec 2021 06:57
Last Modified: 20 Dec 2021 06:57
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item