ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAWI PAKCOY ORGANIK “BRENJONK”

LAILI, MILANDA NISFUL (2021) ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAWI PAKCOY ORGANIK “BRENJONK”. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Other (COVER)
1.PDF

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB I)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Other (BAB III)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Other (BAB IV)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB V)
5.PDF

Download (229kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAWI PAKCOY ORGANIK “BRENJONK” Milanda Nisful Laili1, Wahyu Santoso2, Sri Widayanti3 Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur ABSTRAK Pemasaran merupakan proses mengidentifikasi barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen serta memiliki tujuan untuk memaksimalkan keuntungan, memaksimalkan penjualan, memaksimalkan pangsa pasar, meningkatkan citra merek dan meningkatkan kepuasan konsumen. Keinginan dan kebutuhan konsumen berbeda antara satu konsumen dengan yang lainnya, oleh karena itu diperlukan pengelompokkan konsumen yang mempunyai keinginan yang sama dengan cara menganalisa segmenting, targeting dan positioning sawi pakcoy organik Brenjonk. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis segmenting, targeting dan positioning sawi pakcoy organik Brenjonk dan 2) Menganalisis pengaruh segmenting, targeting dan positioning terhadap volume penjualan sawi pakcoy organik Brenjonk. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari konsumen yang diambil secara purposive sampling berjumlah 50 orang. Sedangkan sampel Komunitas Organik Brenjonk selaku prosuden dan pemasar sawi pakcoy organik Brenjonk diambil secara sensus berjumlah 55 orang. Analisis data yang digunakan yakni cluster analysis, crosstab, Correspondence Analysis (CA) dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat 3 segmen dengan presentase dari segmen 1 (44%), segmen 2 (20%) dan segmen 3 (36%), berdasarkan daya tarik pasar, target pasar utama sawi pakcoy organik Brenjonk adalah segmen 1 (44%) dan positioning produk berdasarkan correspondence analysis sawi pakcoy organik Brenjonk memiliki keunggulan pada atribut harga, kesegaran, tekstur dan rasa; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan segmenting, targeting dan positioning terhadap volume penjualan sawi pakcoy organik Brenjonk yang ditunjukkan dengan nilai path coefficients segmenting 0,32 dan p-value <0,001; nilai path coefficients targeting 0,22 dan p-value 0,04; nilai path coefficients positioning 0,35 dan p-value <0,001. Kata kunci : Segmenting, targeting, positioning, volume penjualan, sawi pakcoy

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDWIDAYANTI, SRINIDN0006016208UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 19 Aug 2021 15:06
Last Modified: 19 Aug 2021 15:06
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item