ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN TELUR OMEGA (STUDI KASUS PADA SUPERINDO GALUNGGUNG KOTA MALANG)

Arya Duta Kresna M, Arya (2024) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN TELUR OMEGA (STUDI KASUS PADA SUPERINDO GALUNGGUNG KOTA MALANG). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
19024010103_Cover.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
19024010103_Bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19024010103_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (379kB)
[img] Text (Bab 3)
19024010103_Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (464kB)
[img] Text (Bab 4)
19024010103_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (711kB)
[img] Text (Bab 5)
19024010103_Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (270kB)
[img]
Preview
Text (Dapus)
19024010103_Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19024010103_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (402kB)

Abstract

Pengembangan pasar telur Omega di Indonesia, khususnya di Kota Malang, telah menarik perhatian besar karena potensinya dalam memberikan manfaat kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi konsumen, menentukan Kemauan untuk Membayar (WTP) mereka, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian telur Omega. Sebanyak 70 responden disurvei, dan kemauan mereka untuk membayar dievaluasi. Dengan menggunakan Metode Valuasi Kontingen (CVM), penelitian ini pertama-tama menciptakan skenario pasar hipotetis yang memberikan informasi kepada konsumen tentang karakteristik dan manfaat telur omega-3. Permainan penawaran digunakan untuk menentukan nilai-nilai WTP bagi konsumen. Selanjutnya, rata-rata WTP untuk telur omega-3 dihitung berdasarkan data yang dikumpulkan, sehingga memungkinkan pembuatan kurva WTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan (T-count < 0,05 (0,007)), jarak (T-count < 0,05 (0,000)), periode waktu (T-count < 0,05 (0,002), dan pengetahuan (T-count < 0,05 (0,000)) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kemauan untuk Membayar di antara pembeli telur Omega, sementara gaya hidup (T-count > 0,05 (0,076)) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kemauan untuk Membayar di antara pembeli telur Omega. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi produsen telur Omega, pemasar, dan pembuat kebijakan. Ini menggarisbawahi pentingnya memahami preferensi konsumen dan memberikan panduan tentang strategi penetapan harga dan pemasaran. Selain itu, penelitian ini menekankan potensi pertumbuhan berkelanjutan dalam industri telur Omega. Temuan ini dapat menjadi instrumen dalam pengembangan kebijakan dan inisiatif untuk mendorong pilihan diet yang lebih sehat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMubarokah, MubarokahNIDN0714116201UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Arya Duta Arya Mahardika
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:38
Last Modified: 09 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item