Saputra, Rifky Bagus (2023) PEMETAAN EMISI GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) AKIBAT PENINGKATAN VOLUME KENDARAAN DI KOTA MATARAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
18035010076_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
18035010076_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
18035010076_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 24 July 2026. Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
18035010076_BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 24 July 2026. Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
18035010076_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 24 July 2026. Download (7MB) |
||
|
Text (BAB V)
18035010076_BAB V.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18035010076_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (798kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
18035010076_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 24 July 2026. Download (4MB) |
Abstract
Tingginya tingkat penduduk dan kegiatan di kota Mataram penggunaan kendaraan juga semakin meningkat sebagai kebutuhan sekunder masyarakat untuk membantu kegiatan sehari-hari dalam transportasi darat. Seiring meningkatnya penggunaan kendaraan juga mengakibatkan tingginya kebutuhan terhadap bahan bakar minyak (BBM). Bahan bakar merupakan suatu material dapat diubah menjadi energi dengan cara membakar bahan bakar dimana bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Emisi kendaraan merupakan sumber pencemaran utam di kota-kota besar di Indonesia. CO2 adalah suatu senyawa yang terdiri dari unsur karbon dan oksigen dengan penulisan CO2. Karbon dioksida merupakan unsur berbentuk gas yang berada pada suhu dan tekanan atmosfer. Harapan untuk penelitian ini yaitu untuk mengetahui kadar CO2 di Kota Mataram dan menyegah agar emisi gas CO2 tidak meningkat. Hasil perhitungan volume kendaraan tertinggi terletak pada segement III Jalan Majapahit sebesar 3506 smp/jam yang terjadi pada pukul 17:00 – 17:15 WITA. Hasil analisis regresi antara volume kendaraan sebagai variabel X dengan emisi gas CO2 sebagai variabel Y pada kelima segment jalan yang dilakukan penelitian adalah y = 134,57 ln(x) - 970,14 dengan nilai R2 sebesar 0,8661 termasuk dalam interval 0,80 – 1,000 yang dapat diartikan bahwa tingkat kekuatan hubungan antara volume kendaraan dengan emisi gas CO2 memiliki hubungan sangat kuat dan volume kendaraan berkontribusi sebesar 86,6165% terhadap emisi gas CO2. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan bahwa kadar emisi gas CO2 pada seluruh segment jalan yang dilakukan memiliki nilai kadar emisi gas CO2 rata – rata sebesar mulai dari 103,31 – 108,56 kg/jam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Tn Rifky Bagus Saputra | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:38 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:38 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16174 |
Actions (login required)
View Item |