HADIJAH, SITI (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 KOTA SURABAYA. Other thesis, UPN "VETERAN" JATIM.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
Bab 1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text (Bab III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text (Bab IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab V)
Bab 5.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (Dapus)
Dapus.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Peran pemimpin merupakan salah satu penggerak terbaik dalam suatu perkembangan di sutu organisasi, termasuk dalam organisasi sekolah dimana pembinaan dan pengembangan UKS sangatlah penting demi terciptanya lingkungan yang sehat dan pola hidup sehat. Oleh karena itu peran kepemimpinan dalam suatu organisasi sangat penting dan krusial. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam pembinaan dan pengembangan UKS di SMPN 26 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan pada peran pemimpin. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kepala sekolah berperan dalam mendidik para peserta didik untuk disiplin melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam pendidikan kesehatan, memicu kepedulian terhadap lingkungannya, dan mengembangkan potensi. Selain itu juga mendidik para guru untuk ikut terjun langsung bersama peserta didik sebagai contoh. (2) Dalam membina dan mengembangkan UKS kepala sekolah juga memiliki manajemen pendidikan yang baik karena dapat memberdayakan seluruh sumber daya yang ada melalui proses sistematis dan dapat mewujudkan ketiga upaya pendidikan kesehatan, diantaranya kesehatan fisil, mental, dan social. (3) Kepala sekolah dapat memenuhi keempat upaya pelayanan kesehatan, yaitu promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative melalui inovasi berbagai program yang berjalan di SMPN 26 Surabaya yang tidak lain karena kemampuan kepala sekolah dalam mempengaruhi para stakeholder untuk saling bekerja sama mencapai tujuan. 4) Kepala sekolah dapat membina lingkungan sekolah sehat dengan mengatur lingkungan fisik dan non fisik yang ada agar seimbang sekaligus menyatukan seluruh stakeholder untuk mencapai tujuan. (5) Terpenuhinya Trias UKS di SMPN 26 Surabaya tidak lain karena kepala sekolah telah memahami konsep kepemimpinan dan dapat dikatakan memenuhi kriteria tujuh fungsi sebagai pemimpin Good Top Leader yang disebut EMALISM (educator, manager, administrator, leader, innovator, supervisor, motivator). Kata kunci: Peran, Kepemimpinan, Pembinaan dan Pengembangan, UKS
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Budiyono Budiyono | ||||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2021 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2021 04:25 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |