PEMETAAN DAN ANALISA TINGKAT KEBISINGAN DI RUAS JALAN KOTA GRESIK AKIBAT ADANYA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS RS. SEMEN GRESIK DAN RSUD. IBNU SINA)

RAMADHAN, FATWA CHANDRA (2023) PEMETAAN DAN ANALISA TINGKAT KEBISINGAN DI RUAS JALAN KOTA GRESIK AKIBAT ADANYA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS RS. SEMEN GRESIK DAN RSUD. IBNU SINA). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1653010060.- COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
1653010060.- BAB 1.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB 2)
1653010060.- BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (570kB)
[img] Text (BAB 3)
1653010060.- BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (89kB)
[img] Text (BAB 4)
1653010060.- BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (6MB)
[img] Text (BAB 5)
1653010060.- BAB 5.pdf

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1653010060.- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Kota Gresik merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di sebelah barat kota Surabaya. Saat ini kota Gresik tumbuh menjadi kota industri, perdagangan, budaya sekaligus kota religi, dimana hal ini mengakibatkan bertambahnya jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya sehingga menyebabkan peningkatan kebisingan lalu lintas. Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas kesehatan masyarakat yang sangat terpengaruh dengan adanya kebisingan. Pada penelitian ini saya bertujuan untuk menguji hubungan volume kendaraan dengan kebisingan lalu lintas di ruas Jl. RA. Kartini dan Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian ini dilakukan dengan metode quantitatif dan pemetaan menggunakan pengindraan jauh dengan bantuan sistem informasi geografis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan Q maks pagi hari, terjadi pada pukul 08.00 – 09.00. Nilai Q sebesar 1315,7 smp/jam di Jl. R.A. Kartini. Q maks sore hari, terjadi pada pukul 16.45 – 17.45. Nilai Q sebesar 1028,85 smp/jam di Jl. R.A. Kartini. Sedangkan hasil perhitungan di sekitar RS Ibnu Sina dapat disimpulkan bahwa Q maks pagi hari, terjadi pada pukul 08.00 – 09.00. Nilai Q sebesar 1138,5 smp/jam segmen 5. Q maks sore hari, terjadi pada pukul 16.00 – 17.00. Nilai Q sebesar 1373,8 smp/jam segmen 5. Leq maks terjadi di segmen 5 pukul pukul 07.00 - 08.00 dengan Leq 76,87 dBA dan di segmen 4 pukul 16.00 – 17.00 dengan Leq 74,33 dBA RS Semen arah Surabaya. Sedangkan pada RS Semen arah Gresik Leq maks terjadi di segmen 5 pukul pukul 07.00 - 08.00 dengan Leq 75,96 dBA dan di segmen 2 pukul 16.00 – 17.00 dengan Leq 73,79 dBA. Leq maks terjadi di segmen 5 pukul pukul 07.00 - 08.00 dengan Leq 76,41 dBA dan pukul 16.00 – 17.00 dengan Leq 72,68 dBA RS Ibnu Sina arah Surabaya. Sedangkan pada RS Ibnu Sina arah Gresik Leq maks terjadi pukul pukul 07.00 - 08.00 dengan Leq 76,18 dBA dan pukul 16.00 – 17.00 dengan Leq 73,05 dBA di segmen 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIBISANA, HENDRATANIDN 0708126501 00 1hendrata2008@gmail.com
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Fatwa Chandra Ramadhan
Date Deposited: 31 May 2023 07:45
Last Modified: 31 May 2023 07:45
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14317

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item