IRAWAN, ELANG MULIA WAHYU (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN KAPASARI - JALAN SIMOKERTO DAN JALAN KENJERAN - JALAN KAPASAN KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Cover Image Download (783kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Draft Version Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only until 26 January 2025. Download (493kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only until 26 January 2025. Download (102kB) |
||
Text
BAB 4.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only until 26 January 2025. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf - Draft Version Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Draft Version Download (12kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only until 26 January 2025. Download (451kB) |
Abstract
Pertumbuhan suatu kawasan diikuti meningkatnya perkembangan sektor sarana transportasi dan diperlukan perbaikan pada sektor prasarana jalan sehingga transportasi dapat berjalan dengan baik. Simpang didefinisikan sebagai wilayah dimana terdapat dua atau lebih ruas jalan bergabung atau bersimpangan, termasuk fasilitas tepi jalan untuk pergerakan lalu lintas didalamnya sehingga menjadikan simpang sebagai tempat terjadinya titik konflik dan tempat kemacetan. Simpang bersinyal yang terletak di Kota Surabaya ini menghubungkan antara Jalan Kapasari–Jalan Simokerto dan Jalan Kenjeran–Jalan Kapasan dimana pada saat mendekati jam sibuk (peak hour) memiliki intensitas antrian yang sangat tinggi. Tingginya volume lalu lintas yang terjadi pada persimpangan tersebut membuat sering terjadi kemacetan panjang ataupun tingginya waktu tunggu antrian, sehingga dapat menimbulkan masalah lalu lintas yang terjadi pada persimpangan tersebut. Adapun jenis kendaraan yang melewati persimpangan tersebut yang berasal dari berbagai jenis kendaraan, diantaranya kendaraan roda dua, roda empat hingga kendaraan berat. Lokasi penelitian yang dipilih tersebut merupakan tempat yang ramai bukan hanya karena daerah dengan memiliki kapasitas penduduk tinggi, namun juga karena lokasi penelitian berdekatan dengan kawasan pertokoan, kawasan perkantoran, kawasan bisnis, dan juga kawasan pendidikan. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan acuan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dengan analisis data berupa perhitungan kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Berdasarkan penelitian pada kondisi eksisting diperoleh volume kapasitas Jalan Kapasan sebesar 1356 skr/jam, kapasitas Jalan Kenjeran 5761 skr/jam, kapasitas Jalan Kapasari sebesar 1323 skr/jam, kapasitas Jalan Simokerto sebesar 2293 skr/jam, hasil tundaan rata-rata kondisi eksisting berada pada 43,9 det.skr dengan keterangan level of service (LOS) B dengan keterangan arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas dan pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan. Hasil perhitungan pada perbaikan umur rencana 5 tahun diperoleh hasil tundaan rata-rata sebesar 48,2 det.skr yang termasuk dalam kategori tingkat pelayanan atau level of service (LOS) C dengan keterangan arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Elang Mulia Wahyu Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 06:52 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 06:52 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11720 |
Actions (login required)
View Item |