ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA LAKI-LAKI (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Laki-Laki)

Wibrianti, Thamara (2022) ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA LAKI-LAKI (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Laki-Laki). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (258kB)
[img] Other (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (98kB)
[img] Other (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (331kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (795kB)

Abstract

Instagram sebagai media sosial yang saat ini tidak lagi menjadi media yang hanya digunakan untuk mengekspresikan diri dan bersosialisasi di dunia maya, melainkan dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan pemasaran dan transaksi jual beli, yang lebih dikenal dengan online shop. Kebanyakan pengguna instagram di Indonesia berumur 13-25 tahun yang menjadi followers akun online shop di instagram. Dengan proses pembelian yang ditawarkan tidak sulit, cukup dengan memilih gambar yang tersedia di akun instagram online shop tersebut, hal ini mudah dilakukan terutama bagi remaja laki-laki. Inilah yang menjadi daya tarik instagram sehingga dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan mengakibatkan pembelian secara terus menerus atau menjadi perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teori New Media dan Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow yang menggunakan beberapa konsep yaitu perilaku konsumtif, perilaku konsumen, online shop, media sosial, jejaring sosial instagram, gaya hidup dan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan instagram terhadap perilaku konsumtif pada remaja laki-laki karena dalam penelitin terdahulu, perilaku konsumtif hanya dimiliki oleh remaja perempuan saja. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa adanya instagram bisa membentuk perilaku konsumtif pada remaja laki-laki yang terlihat dari waktu pembelian dan jumlah pembelian yang didasari dengan rasa ingin mempunyai atau memiliki bukan karena kebutuhan. Kata kunci: Instagram, online shop, remaja laki-laki, perilaku konsumtif Instagram as a social media that is currently no longer a medium that is only used to express themselves and socialize in cyberspace, but used by some people to do marketing and buying and selling transactions, which is better known as an online shop. Most instagram users in Indonesia aged 13-25 years who became followers online shop account in instagram. With the purchase process offered is not difficult, simply by choosing the images available on the account instagram online shop, it is easy to do especially for teenage boys. This is the appeal of instagram so that with the various conveniences offered lead to a continuous purchase or a consumptive behavior. This research uses qualitative descriptive with interview technique and documentation. This research also uses the theory of New Media and Hierarchy of Needs Abraham Maslow who uses several concepts of consumer behavior, consumer behavior, online shop, social media, social networking instagram, lifestyle and youth. The purpose of this study is to analyze the use of instagram on consumptive behavior in adolescent boys because in the previous research, consumptive behavior is only owned by teenage girls only. The results of this research analysis indicate that the instagram can form consumptive behavior in adolescent boys that seen from the time of purchase and the amount of purchase based on the desire to have or have not because of need. Keywords: Instagram, online shop, teenage boy, consumptive behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCANDRASARI, YULINIDN0030077102UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:15
Last Modified: 27 Jul 2022 07:15
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7717

Actions (login required)

View Item View Item