REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA VERSI “THE JOURNEY TO A WONDERFUL WORLD” DI TELEVISI

PURWANTI, HENIS (2022) REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA VERSI “THE JOURNEY TO A WONDERFUL WORLD” DI TELEVISI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (830kB)
[img] Other (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (988kB)
[img]
Preview
Other (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (2MB)

Abstract

Kebudayaan Indonesia yang beragam merupakan warisan bagi bangsa. Budaya merupakan identitas bangsa dan sangat berhubungan dengan cara manusia hidup. Dari sekian banyak iklan yang disiarkan, Wonderful Indonesia versi “The Journey To A Wonderful World” merupakan bentuk representasi dari semua kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi kebudayaan Indonesia dalam iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi “The Journey To A Wonderful World” di televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana representasi kebudayaan Indonesia saat ini melalui analisis semiotik pada iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi “The Journey To A Wonderful World”. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik John Fiske yang mengkaji tentang produk audio visual melalui level realitas dan level representasi. Kehadiran kebudayaan Indonesia dalam iklan dijadikan sebagai salah satu produk pariwisata selain mengandalkan pada keindahan alam. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa berdasarkan iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi “The Journey To A Wonderful World” yang dianalisis menunjukkan bahwa Wonderful Indonesia versi “The Journey To A Wonderful World”merepresentasikan kebudayaan yang majemuk dengan menampilkan wujud kebudayaan di dalamnya, seperti gagasan, nilai-nilai, aktivitas, dan hasil karya. Kata Kunci: Iklan pariwisata, Kebudayaan Indonesia, Representasi, Semiotik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUKSMAWATI, HERLINANIDN0025126407UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:13
Last Modified: 27 Jul 2022 07:13
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item