STUDI SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI SENSUALITAS DALAM GENDER DAN BUDAYA PADA VIDEO KLIP MUSIK “I WANT YOU, LOVE” DI YOUTUBE YANG DIPOPULERKAN OLEH TEZA SUMENDRA

FIRMANSYAH, FIKRI (2022) STUDI SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI SENSUALITAS DALAM GENDER DAN BUDAYA PADA VIDEO KLIP MUSIK “I WANT YOU, LOVE” DI YOUTUBE YANG DIPOPULERKAN OLEH TEZA SUMENDRA. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 15 July 2024.

Download (598kB)
[img] Text (Bab 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 15 July 2024.

Download (874kB)
[img] Text (Bab 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 15 July 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
5.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Didasarkan dengan semakin maraknya informasi yang masuk tanpa filter yang baik yang dapat memberikan dampak shock culture di era modern ini kepada masyarakat, serta kebiasaan media massa yang sering menggunakan tubuh perempuan yang bertujuan untuk di jadikan sebagai bagian dari politik ekonomi. Peneliti menaruh perhatian pada masalah sensualitas dalam gender dan budaya yang terkandung pada video klip “I Want You, Love” oleh Teza Sumendra. Dengan tujuan untuk mengetahui representasi sensualitas dalam video klip tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis semiotik yang termasuk penelitian dengan cara merepresentasikan tanda – tanda di video klip “I Want You, Love”. Semiotik video klip adalah ilmu yang mengkaji tanda – tanda yang terdapat pada video klip ini dan menggunakan metode Jhon Fiske. Objek penelitian ini yaitu penggambaran sensualitas yang diperankan oleh model perempuan dan model laki – laki didalam video klip ini. Video klip “I Want You, Love” akan diuraikan dengan menggunakan 3 level tahapan yaitu : level realitas yang meliputi (setting, ekspresi, property, gesture, kostum dan penampilan), kemudian level representasi yang meliputi (sudut pengambilan gambar, suara dan tanda non verbal), serta level ideologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan pengamatan secara langsung terhadap beberapa sequence dalam video klip ini. Munculnya video klip ini dikarenakan semakin maraknya berbagai hal yang memiliki muatan sensualitas yang ada di masyarakat era teknologi modern saat ini, akibat masuknya berbagai informasi tanpa di imbangi filter yang baik, sehingga terjadi shock culture. Dengan adanya video klip ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada masyarakat mengenai menjamurnya muatan sensualitas, sekaligus menyadarkan masyarakat dan industri media, bahwa hal – hal yang mengandung sensualitas bukanlah sesuatu hal yang baik dan patut dilakukan apalagi publikasikan, serta kebiasaan wanita dalam video klip ini yang lebih mendominasi dari pada lakinya dalam keinginannya untuk bercinta, bukanlah hal yang pantas terjadi dalam budaya bangsa timur kita, sehingga kita perlu membentengi diri agar tidak terjerumus ke dalam sesuatu hal yang salah dan membuat kita menyesal belakangan. Kata Kunci : Semiotik, representasi, sensualitas, video klip “I Want You, Love”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArviani, HeidyNIDN0007118501UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:38
Last Modified: 18 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item