REPRESENTASI PENDIDIKAN SUKU BOTI DALAM FILM “BOTI” (Studi Semiotik representasi pendidikan suku boti dalam film “boti” karya watch doc)

BIMA AFRIZAL, CHAIRUL (2022) REPRESENTASI PENDIDIKAN SUKU BOTI DALAM FILM “BOTI” (Studi Semiotik representasi pendidikan suku boti dalam film “boti” karya watch doc). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover .pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (625kB)
[img] Other (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (326kB)
[img] Other (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (364kB)
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (1MB)

Abstract

Film merupakan media komunikasi yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Film Boti merupakan salah satu film yang menggambarkan keadaan masyarakat di daerah Tmor, NTT. Di tunjukan dalam film tersebut bahwa bapa Raja hanya membolehkan 2 anak dari 4 bersaudara yang boleh mengenyam pendidikan sekolah, sedangkan yang lainya harus tetap melestarikan tradisi yang ada disuku Boti. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuan bagaimana pendidikan di representasikan dalam film Boti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan representasi pendidikan dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan semiotika John Fiske dengan tiga levelnya, yakni realitas, representasi, juga ideologi. Hasil dari penelitian ini menurut peneliti, bahwa nilai dari pendidikan dalam film Boti memusatkan perhatiannya pada perlunya melestarikan dan meneruskan keyakinan dan praktik yang sudah ada, sebagai cara untuk menjamin pertahanan hidup secara social serta efektivitas secara kuat oleh orientasi pendidikan yang bersifat lebih. Konsep pendidikannya cenderung bersifat statis serta kurang mampu mengakomodir pandangan-pandangan baru (eksklusif). Berarti dalam pemikiran ideologi konservatif pemahaman atau hukum yang sudah berlaku menjadi sebuah panutan yang tidak bisa dirubah. Kata kunci : Representasi, pendidikan, suku Boti, film, semiotika john fiske Film is a communication media that can represented a message to public. Boti’s Film is one of the film that picturing a people of Timor, NTT. It was showed that bapa Raja only allowed 2 of 4 siblings who can have an education and the others must continue to run the tradition. The goal of this research was to know how the education represented in Boti’s Film. Qualitatif was used for its methods to determine the representation of education on Boti’s Film. This methods also using John Fiske semiotics with its three level, reality, representation, and ideology. As the results, value of education on Boti’s film focus on how important that is to conserve and continue the believe of the tradition, as a way to ensure the social life and effectivity of education. The concept of education tend to be static and less fortunate to accommodate the new way of life (Exclusive). It means on the conservative ideology of understanding or the law that prevail become a role model that cannot change. Keywords : Representation, Education, Boti’s tribe, Film, John Fiske Semiotics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndriastuti, YudianaNIDN0013107411UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:32
Last Modified: 15 Jul 2022 02:32
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7538

Actions (login required)

View Item View Item