MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI SMP TA’MIRIYAH SURABAYA

NOVIANDINI, AKHMALIA PUTRI (2022) MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI SMP TA’MIRIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (619kB)
[img] Text (BAB3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (562kB)
[img] Text (BAB4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (966kB)
[img] Text (BAB5)
5.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (386kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dafpus.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 14 July 2024.

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi. Penyampaian pesan yang disampaikan berupa materi yang diberikan ke dalam simbol – simbol komunikasi, baik verbal maupun non verbal. Komunikasi pendidikan adalah proses perjalanan pesan atau informasi yang merambah bidang atau peristiwa yang berkaitan dengan pendidikan. Di dalam kelas guru dengan murid biasanya menggunakan Komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal. Melalui model komunikasi pembelajaran kegiatan belajar mengajar akan lebih mudah karena dibantu dengan adanya model atau kerangka sebelum memeberikan materi kepada siswa. Model komunikasi pembelajaran ada 2 yakni model mekanistik dan model pragmatis.Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana penerapan model komunikasi di SMP Ta’miriyah Surabaya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melakukan wawancara dan observasi langsung dilapangan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa beberapa guru di smp ta'miriyah surabaya, hampir beberapa menggunakan model komunikasi belajar mekanistik dan model pragmatis secara bergantian. Ada juga yang hanya menggunakan model mekanistik sendiri dan model pragmatis. model ini berkaitan dengan metode ceramah dan metode diskusi yang dipergunakan saat memberikan materi pada siswa. Respon siswa pun beragam. Beberapa respon dengan memberikan feedback mendengarkan guru dan menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah dari soal yang telah diberikan oleh guru dengan berdiskusi dengan teman kelompok. Kata Kunci; Guru, Siswa, Komunikasi, Komunikasi Pendidikan, Komunikasi Interpersonal, Model Komunikasi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKUSNARTO, KUSNARTONIDN0001085806UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Business Administration
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:35
Last Modified: 15 Jul 2022 02:35
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item