PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG PESANAN DI APLIKASI TOKOPEDIA

PUTRA RIFAI, HABIBULLAH ALFARIZI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG PESANAN DI APLIKASI TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2025.

Download (141kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2025.

Download (95kB)
[img]
Preview
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2025.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan penggunaan internet sebagai sarana kegiatan ekonomi secara digital diperlukan adanya suatu pengaturan yang dibutuhkan oleh konsumen yang melakukan transaksi elektronik. Pengaturan yang dapat menjamin bahwa kegiatan transaksi elektronik yang dilakukan aman dan tidak merugikan bagi konsumen. Salah satunya dalam Sistem Elektronik milik Tokopedia ketika konsumen menerima barang tidak sesuai dengan pesanan dan pembebanan pengiriman barang ke penjual berada pada konsumen yang akibatnya merugikan pihak konsumen. Pemerintah telah mengatur mengenai upaya perlindungan konsumen dalam Transaksi Elektronik yang berperan memberikan jaminan terhadap Transaksi Elektronik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi konsumen Tokopedia apabila terjadi ketidaksesuaian barang pesanan dan mengetahui bentuk upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen Tokopedia apabila terjadi ketidaksesuaian barang pesanan. Berdasarkan hasil peneltian menyatakan bahwa berdasarkan bentuk-bentuk perlindungan hukum yang diberikan Tokopedia apabila terjadi ketidaksesuaian barang pesanan mengacu kepada melalui Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terjadi ketidak seimbangan pembebanan resiko dalam hal terjadi ketidaksesuaian barang pesanan karena merchant tidak menanggung biaya pingiriman kembali, sehingga bertentangan dengan kewajiban penjual dalam bertangggungjawab atas barang dagangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYulianingsih S.H., M.Kn, WiwinNIDN0708077502wiwinyulia291@gmail.com
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: HABIBULLAH ALFARIZI PUTRA RIFAI
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:48
Last Modified: 14 Jun 2022 08:48
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item View Item