Peran Aktor Non-Negara Bhakti Jaya Indonesia dalam Pendidikan Non-Formal Pekerja Migran Indonesia di Taiwan (2021)

Utami, Wulan Anggit (2022) Peran Aktor Non-Negara Bhakti Jaya Indonesia dalam Pendidikan Non-Formal Pekerja Migran Indonesia di Taiwan (2021). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
18044010002-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
18044010002-bab1.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Bab II)
18044010002-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (6MB)
[img] Text (Bab III)
18044010002-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
18044010002-bab4.pdf

Download (529kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18044010002-daftarpustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditinjau dari penelitian terdahulu tentang tantangan pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan yang menghadapi tantangan dari sebelum, saat, hingga setelah bermigrasi. Studi kasus yang dibawa adalah peran Community Learning Center Bhakti Jaya Indonesia (CLC BJI) sebagai lembaga pendidikan non-formal Indonesia di Taiwan. Program yang dilaksanakan oleh CLC BJI merupakan bentuk peran aktor non negara dalam pendidikan non formal. Kehadiran CLC BJI mengisi ruang kosong yang kerap diberikan pemerintah di takaran formalitas dengan peran pembelajaran dan non pembelajaran. Kehidupan Pasca-migrasi menjadi penting untuk dibahas karena penelitian terdahulu memberikan justifikasi bahwa PMI kerap kembali ke luar negeri dan terjerat kemiskinan berulang. Sehingga, CLC BJI menyediakan pendidikan non formal bagi PMI di Taiwan selagi mereka masih menerima pemasukan aktif. Penelitian ini didasari oleh konsep peran aktor non negara dalam pendidikan dan konsep pendidikan non formal. Sebagai aktor non negara, CLC BJI hadir memberikan solusi untuk menghadapi tantangan pasca-migrasi bagi PMI. CLC BJI memberikan solusi melalui program-programnya dengan memberikan kegiatan pembelajaran maupun non pembelajaran. Bentuk kegiatan pembelajaran berupa peningkatan literasi, penyetaraan pendidikan, dan bentuk kegiatan non pembelajaran berupa meningkatkan sumber daya, mempromosikan kegiatan, dan menjalin kerja sama dengan aktor negara maupun non negara. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif deskriptif. Perlu diketahui meskipun dalam penelitian menggunakan data statistik yang mengarah pada metode kuantitatif, data tersebut tidak diproses menjadi model matematika atau ekonometrika tetapi hanya statistik deskriptif, serta jangkauan penelitian ini tidak mengukur efektifitas peran CLC BJI bagi PMI. Kata Kunci: CLC BJI, pekerja migran Indonesia, pendidikan non formal, aktor non-pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNuryananda, Praja FirdausNIDN0029078803UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Anggit Wulan Utami
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:19
Last Modified: 08 Jun 2022 02:19
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6900

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item