REPRESENTASI KEHIDUPAN MASYARAKAT PEDESAAN DALAM IKLAN BUKALAPAK VERSI "BERKAWAN DENGAN ZAMAN"

Jastisia, Irenia (2022) REPRESENTASI KEHIDUPAN MASYARAKAT PEDESAAN DALAM IKLAN BUKALAPAK VERSI "BERKAWAN DENGAN ZAMAN". Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18052010023-Cover.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
18052010023-bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
18052010023-Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2024.

Download (625kB)
[img] Text (Bab 3)
18052010023-Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2024.

Download (797kB)
[img] Text (Bab 4)
18052010023-Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2024.

Download (672kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
18052010023-Bab 5.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18052010023-Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18052010023-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2024.

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Representasi Kehidupan Masyarakat Pedesaan dalam Iklan Bukalapak Versi “Berkawan dengan Zaman”. Dalam kesehariannya, masyarakat desa memiliki nilai-nilai serta pola pikir tersendiri. Namun karena kemudahan mobilitas serta proses globalisasi, nilai-nilai tersebut mulai tergantikan dengan budaya baru (modernisasi) yang berdampak pada berbagai sektor, salah satunya perekonomian desa. Dalam melakukan riset, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggali gejala-gejala sosial serta pendapatkan pemahaman mendalam tanpa adanya manipulasi. Melalui teori semiotika Roland Barthes, penelitian ini dilakukan untuk menganalisa makna denotasi, konotasi serta mitos dalam iklan Bukalapak Versi “Berkawan dengan Zaman”. Sebagai objek penelitian, iklan tersebut dibagi menjadi 7 setting berdasarkan lokasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat pedesaan mulai memasuki era modern yang terlihat pada simbol-simbol dalam iklan tersebut. Dari segi mata pencaharian, profesi yang dilakukan masyarakat desa semakin serupa dengan masyarakat perkotaan, salah satunya perdagangan. Selain itu terdapat pula fenomena masyarakat desa yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Masyarakat desa digambarkan memiliki ketergantungan terhadap wilayah perkotaan. Mereka menjadikan kehidupan perkotaan menjadi standar kesuksesan sehinga segala hal yang dilakukan masyarakat perkotaan menjadi pedoman bertindak. Namun dilain sisi, adanya pengaruh masyarakat perkotaan juga membawa dampak positif, utamanya dibidang perekonomian desa. Bukalapak hadir untuk mengedukasi masyarakat desa dalam penggunaan teknologi perdagangan digital. Kata kunci: Iklan, Semiotika, Roland Barthes, Modernisasi Pedesaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahman Yani, AdityaNIDN0729098101aditya.dkv@upnjatim.ac.id
Thesis advisorWidyasari, WidyasariNIDN0020098901widyasari.dkv@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: Irenia Jastisia
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:23
Last Modified: 06 Jun 2022 07:44
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6640

Actions (login required)

View Item View Item