PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PENUNJANG KEMBALINYA EKSISTENSI SENTRA WISATA KULINER (SWK) DI SURABAYA

Brahmantyo Putra, Adhi Joshua (2020) PERANCANGAN VIDEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PENUNJANG KEMBALINYA EKSISTENSI SENTRA WISATA KULINER (SWK) DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18052010015-Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
18052010015-bab 1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
18052010015-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
18052010015-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (410kB)
[img] Text (BAB 4)
18052010015-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
18052010015-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 6)
18052010015-bab 6.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
18052010015-bab 7.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18052010015-daftar pustaka.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18052010015-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 3 June 2025.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membawa dampak buruk ke berbagai bidang, hal ini pula yang dirasakan oleh para pedagang kuliner di Sentra Wisata Kuliner milik Pemerintah Kota Surabaya yang dinaungi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Berdasarkan observasi langsung oleh Bapak Armuji selaku Wakil Walikota Surabaya, pendapatan para pedagang tersebut turun drastis hingga 50% selama masa Pandemi, yang menyebabkan banyak dari mereka yang mengalami kesulitan ekonomi bahkan hingga gulung tikar. Terlebih lagi mereka juga harus tetap membayar biaya retribusi. Pada perancangan ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner, Focus Group Dicussion (FGD) serta wawancara dan data sekunder melalui buku, jurnal, dan media online. Dimana setelah itu, data tersebut di analisis menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adanya budaya nongkrong yang digemari oleh kalangan anak muda tentu dapat dijadikan peluang yang sangat baik dengan menawarkan hal-hal yang di inginkan atau di butuhkan oleh anak muda dalam memilih sebuah tempat untuk nongkrong. Selain itu, saat ini pendemi telah mereda dan kehidupan masyarakat Indonesia sudah mulai kembali normal seperti sebelumnya dengan dibukanya beberapa tempat umum yang dulu sempat di tutup karena kebijakan social distancing, sehingga hal ini memungkinkan adanya kunjungan dari masyarakat terhadap tempat-tempat umum tak terkecuali objek wisata. Hal itulah yang membuat penulis ingin mencoba untuk membantu mengembalikan tingkat kunjungan konsumen dengan membuat sebuah video promosi berupa rekomendasi Sentra Wisata Kuliner yang cocok dijadikan tempat nongkrong anak muda yang nantinya diharapkan dapat menjadi langkah awal mengembalikan eksistensi dari Sentra Wisata Kuliner yang ada di Surabaya setelah melalui masa pandemi yang cukup panjang. Kata Kunci : Video Promosi, Sentra Wisata Kuliner, Kota Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArtanto, Aphief TriNIDN0709068407UNSPECIFIED
Thesis advisorWidyasari, WidyasariNIDN0020098901UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Adhi Joshua Brahmantyo Putra
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item