ANALISA OKUPANSI DAN EVALUASI TARIF KERETA API BANDARA YOGYAKARTA BERDASARKAN ABILITY TO PAY RUTE STASIUN YOGYAKARTA – STASIUN WOJO

Dzikrullah, Mohammad Rigel (2022) ANALISA OKUPANSI DAN EVALUASI TARIF KERETA API BANDARA YOGYAKARTA BERDASARKAN ABILITY TO PAY RUTE STASIUN YOGYAKARTA – STASIUN WOJO. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
17035010066_Cover.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
17035010066_Bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
17035010066_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 May 2025.

Download (191kB)
[img] Text (Bab 3)
17035010066_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 30 May 2025.

Download (135kB)
[img] Text (Bab 4)
17035010066_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 May 2025.

Download (507kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
17035010066_Bab 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17035010066_Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
17035010066_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 30 May 2025.

Download (1MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang menjadi salah satu destinasi favorit Pariwisata di Indonesia. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membangun Yogyakarta International Airport pada awal tahun 2018. Salah satu alternatif transportasi publik adalah menggunakan Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta rute Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Wojo yang kurang lebih jaraknya 47 km dari Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai tingkat keterisian penumpang, mengetahui kemampuan daya beli penumpang, dan mengetahui minat dari calon penumpang pesawat terbang dalam umur rencana 5 tahun untuk menggunakan Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, pada data primer berupa hasil kuesioner dari penumpang Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta secara offline maupun online. Sedangkan untuk data sekunder berupa data volume penumpang, tarif eksisting, jadwal keberangkatan, dan jumlah tiket terjual pada tahun 2019 – 2020. Penyelesaian pada penelitian ini menggunakan metode Load Factor dan Ability To Pay. Hasil analisa pada penelitian ini diperoleh bahwa nilai load factor rata-rata Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta dari tahun 2019 – 2020 sebesar 21,42%, nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai okupansi Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta memiliki nilai yang kurang baik karena nilai okupansi rata-rata berada di bawah nilai standar load factor yaitu sebesar 70%. Sementara itu, pada evaluasi tarif Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta dengan metode ability to pay diperoleh nilai sebesar Rp 24.760, tarif eksisting layanan Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta sebesar Rp 25.000 (tarif ATP < tarif eksisting) tarif tersebut hanya terpaut selisih Rp 240, maka tarif eksisting layanan Kereta Api Bandar Udara Yogyakarta yang berlaku sudah sesuai dikarenakan hasil dari tarif ability to pay dan tarif eksisting berada pada interval kelas tarif yang sama (kelas ke-4 dengan interval Rp 23.016 – Rp 29.687 dan hanya terpaut selisih Rp 240).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, Nugroho197501172021211002nugrohoutomo7577@gmail.com
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Mohammad Rigel Dzikrullah
Date Deposited: 31 May 2022 03:52
Last Modified: 31 May 2022 03:52
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item