PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM TERMS AND CONDITIONS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Harlina, Amelia Putri (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM TERMS AND CONDITIONS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18071010079_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
18071010079_Bab 1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
18071010079_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
18071010079_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (411kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Bab 4)
18071010079_Bab 4.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18071010079_Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18071010079_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode yuridis normatif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data sekunder yang berupa bahan-bahan hukum sekunder dengan memahami hukum sebagai perangkat peraturan atau norma-norma positif di dalam sistem perundang-undangan sehingga penelitian ini dipahami sebagai penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap klausula eksonerasi sebagai perjanjian baku dalam terms and conditions PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan sumber data diperoleh dari studi kepustakaan, perundang-undangan, berbagai literatur dan wawancara sebagai akurasi data dari studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam terms and conditions yang telah dibuat oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait perusahaan tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang di bagasi kereta telah melanggar Pasal 18 UndangUndang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen karena berisi pengalihan pertanggungjawaban pelaku usaha atas kerugian yang dialami oleh pihak konsumen dan perjanjian tersebut dapat batal demi hukum. Perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan dapat melalui perlindungan hukum preventif dan represif. Secara preventif yaitu dengan tidak mencantumkan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku dan represif dengan cara memberikan ganti kerugian kepada pihak konsumen. Upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen yaitu melalui jalur litigasi maupun jalur non litigasi dengan menggunakan konsiliasi, mediasi atau arbitrase. Saran yang dapat diberikan bahwa hendaknya pelaku usaha lebih berhati�hati dalam menyusun perjanjian baku yang mencantumkan klausula eksonerasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaharani, SriNIDN0003087410UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Amelia Putri Harlina
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:01
Last Modified: 25 Apr 2022 06:01
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item