ANALISIS PENGUKURAN PENERIMAAN PADA INTERNET BANKING TERHADAP NASABAH (STUDI: MAYBANK SURABAYA)

HADI, MUHAMMAD SHOLECHUDDIN (2022) ANALISIS PENGUKURAN PENERIMAAN PADA INTERNET BANKING TERHADAP NASABAH (STUDI: MAYBANK SURABAYA). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (cover)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (532kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (889kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (255kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (833kB)

Abstract

Internet banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh perbankan yang memungkinkan nasabah dengan mudah mendapatkan informasi, melakukan komunikasi, dan transaksi melalui internet. Kenyataannya banyak nasabah yang mempunyai fasilitas internet banking namun tidak pernah memanfaatkannya, dikarenakan pengoperasian sistem yang kadang merasa rumit dan tidak semua orang paham cara menggunakannya. Faktor lain adalah tingkat kemampuan nasabah dalam menggunakan komputer, faktor ini juga memengaruhi minat nasabah dalam menggunakan aplikasi layanan internet banking. Nasabah yang tidak mampu menggunakan komputer, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan layanan internet banking. Oleh karena itu, banyak nasabah yang cenderung memilih layanan ATM yang mudah penggunaannya dibandingkan dengan layanan internet banking. Pada penelitian ini memberikan fokus pengamatan pada faktor-faktor apa saja yang memengaruhi nasabah dalam penggunaan aplikasi layanan internet banking dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang telah di perluas. Model UTAUT penelitian skripsi ini terdiri dari variabel ekspetasi kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), persepsi kredibilitas (perceive credibility), kesesuaian teknologi pada tugas (task tecnology fit), kondisi pemfasilitasi (facilitating condition,) niat perilaku (behavior intention), dan penggunaan sebenarnya (actual usage).Penelitian skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan proposive sampling. Responden yang diteliti yaitu nasabah internet banking bank Maybank di Surabaya kemudian di olah menggunakan software SmartPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian skripsi ditemukan faktor yang signifikan terhadap variabel behavior intention yaitu effort expectancy, facilitating condition, dan task technology. Faktor performance expectancy, social influence dan perceive credibility tidak signifikan terhadap behavioral intention. Sedangkan hasil yang didapatkan pada penelitian skripsi ini juga menunjukkan variabel behavior intention dapat memediasi pengaruh pada faktor actual usage. Kata Kunci : internet banking, UTAUT, behavior intention, Actual Usage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSURYANTO, TRI LATHIF MARDINIDN0025028902UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFAROQI, ASIFNIDN0019058703UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:02
Last Modified: 28 Mar 2022 03:02
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item