EVALUASI PENERAPAN KESELAMATAN TRANSPORTASI DARAT PADA RUAS JALAN ARTERI BARU PORONG – JALAN RAYA PURWOSARI STA 30+00 – STA 61+400

Kulsum, Umi (2022) EVALUASI PENERAPAN KESELAMATAN TRANSPORTASI DARAT PADA RUAS JALAN ARTERI BARU PORONG – JALAN RAYA PURWOSARI STA 30+00 – STA 61+400. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
1653010022_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1653010022_Bab1.pdf

Download (936kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
1653010022_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
1653010022_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2024.

Download (696kB)
[img] Text (BAB IV)
1653010022_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
1653010022_Bab5.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1653010022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
1653010022_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2024.

Download (7MB)

Abstract

Jalan raya dapat berdampak terhadap perkembangan sosial dan perekonomian masyarakat di sekitarnya serta kemajuan dibidang industri. Sehingga menyebabkan adanya peningkatan volume lalu lintas yang seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk serta berbagai macam jenis kendaraan dan resiko kecelakaannya. Keselamatan jalan menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Angka kecelekaan setiap tahun semakin meningkat. Masalah utama yang sering terjadi dalam kejadian kecelakaan tersebut selain faktor manusia juga dapat disebabkan oleh infrastruktur jalan. Sepanjang Jalan Arteri Baru Porong – Jalan Raya Purwosari STA 30+00 – 61+400 di beberapa lokasi tertentu sepanjang jalan tersebut terdapat fasilitas kelengkapan jalan yang kurang memadai seperti lampu PJU yang tidak menyala atau jarak PJU yang terlalu jauh, adanya kerusakan perkerasan dan marka jalan yang kurang jelas. Berdasarkan kondisi lapangan tersebut maka perlu melakukan evaluasi keselamatan lalu lintas berdasarkan atribut – atribut utama yang harus diperbaiki menggunaan metode IPA (Importance Performance Analysis) yaitu lampu jalan menyala dengan baik, jalan yang rusak telah diganti/ diperbaiki serta jalan bebas dari kerusakan seperti gelombang, lubang dan genangan air. Menurut pembobotan dengan metode EAN (Equivalent Accident Number) yang berdasarkan data Kepolisian Resort Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan tahun 2016 - 2020 sebesar 486, terletak pada STA 38+00 – 39+00 dengan total 590 kasus dan 1102 kendaraan yang terlibat. Titik blackspot terletak pada putar balik Bunderan Apolo dengan jari – jari tikungan (R analisis) > (R Eksisting) = 30 m > 18,03 disimpulkan belum memenuhi standar serta nilai kebebasan samping serta (E analisis) < (E eksisting) = 5m < 7 m disimpulkan telah memenuhi standar. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Infrastruktur Jalan, Metode IPA (Importance Performance Analysis), Titik Blackspot, Keselamatan Transportasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHOLICHIN, IBNU0718097102UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Umi Kulsum Umi
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:40
Last Modified: 02 Mar 2022 01:40
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item