ANALISIS AGRIBISNIS KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN

Ramawati, Rhiska (2022) ANALISIS AGRIBISNIS KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
Coveer.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2024.

Download (349kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2024.

Download (212kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2024.

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2024.

Download (427kB)

Abstract

Kecamatan Tutur merupakan penghasil utama komoditas kopi jenis robusta dengan produksi tertinggi di Kabupaten Pasuruan. Tanaman kopi merupakan komoditi perkebunan yang dapat diolah lebih lanjut guna meningkatkan nilai tambah. Kopi di Kecamatan Tutur dipasarkan dalam bentuk buah yang telah dibersihkan, buah yang telah di grading, kopi ose dan kopi bubuk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyebab terjadinya produksi kopi yang berfluktuatif (2) mengetahui pengolahan kopi dan mengenalisis nilai tambah kopi (3) menganalisis pemasaran kopi robusta. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif melalui analisis nilai tambah dan marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi yang berfluktuatif terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal. Pengolahan kopi yang dilakukan oleh petani meliputi pembersihan, grading, kopi ose dan kopi bubuk. Nilai tambah tertinggi terdapat pada kopi bubuk sebesar Rp. 18.725/Kg. Pemasaran kopi robusta di Kecamatan Tutur terdiri dari 1 saluran pemasaran kopi yang telah dibersihkan, 1 saluran pemasaran kopi yang telah dibersihkan dan grading, 2 saluran pemasaran kopi ose, dan 2 saluran pemasaran kopi bubuk. Setiap lembaga pemasaran menjalankan fungsi-fungsi pemasaran. Marjin pemasaran terbesar terdapat pada kopi bubuk sebesar Rp. 40.058,35/Kg. Hal ini disebabkan oleh biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan fungsi pemasaran dan besarnya keuntungan dari pedagang pengecer. Kata Kunci : kopi robusta, produksi, pengolahan, nilai tambah, pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSOEDARTO, TEGUHNIDN0720065601UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:27
Last Modified: 09 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item