PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PADA PROYEK TRANS PAPUA DI SEGMEN JALAN DESA KEBAR - DESA AYAWASI PAPUA BARAT (STA 10+000 – STA 17+500) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA

FAISYAL, MUCHAMMAD (2022) PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PADA PROYEK TRANS PAPUA DI SEGMEN JALAN DESA KEBAR - DESA AYAWASI PAPUA BARAT (STA 10+000 – STA 17+500) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER-merged.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I-converted.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II-converted.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III-converted.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2024.

Download (138kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV baru-converted.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V-converted.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2024.

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2024.

Download (4MB)

Abstract

Dalam pembangunan jalan raya perlu dilakukan pemilihan jenis perkerasan yang harus disesuaikan. Agar konstruksi jalan dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan umur rencana, maka perlu diadakan perencanaan perkerasan yang baik, karena dengan merencanakan perkerasan yang baik diharapkan konstruksi perkerasan jalan mampu memikul beban kendaraan yang melintas dan menyebarkan beban tersebut kelapisanlapisan di bawahnya dan tanpa menimbulkan kerusakan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri sesuai dengan umur rencana yang telah ditetapkan. Dengan demikian akan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan selama masa pelayanan jalan/umur rencana. Mengingat hal tersebut sangat penting, maka perlu dirancang suatu jenis perkerasan yang tepat untuk ruas jalan Kebar-Ayawasi. Ada dua jenis konstruksi perkerasan jalan yang umum kita kenal saat ini. Konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement) dan konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement). Metode yang dipakai dalam perencanaan adalah metode dari Bina Marga Nomor 02/M/BM/2013 yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia sehingga pengambilan koefisien, angka keamanan maupun batas – batas ijin perencanaan mengacu pada metode yang telah ditetapkan. Dari jenis perkerasan tersebut, adapun lokasi yang dipakai sebagai bahan penelitihan tugas akhir ini adalah di ruas jalan Kebar - Ayawasi Kabupaten Tambraw Provinsi Papua Barat . Dari hasil perhitungan perencanaan perkerasan jalan raya desa Kebar - desa Ayawasi pada STA 10 + 000 sampai STA 17 + 500 menggunakan perkerasan lentur dengan umur rencana 10 tahun, 6 cm untuk tebal lapisan permukaan (Laston MS 744), 15 cm tebal lapisan pondasi atas (batu pecah CBR 100), 10 cm tebal lapisan pondasi bawah (sirtu CBR 50) dengan nilai CBR tanah dasar 4,5%. Untuk perhitungan alinyemen horizontal 37 titik tikungan dan alinyemen vertikal 38 titik lengkung. Perencanaan saluran drainase menggunakan tipe trapesium dengan dimensi kemiringan talud = 1 : 1 , tinggi saluran (d) = 0,86 m, lebar saluran (b) = 1 m dan tinggi saluran (w) = 0,65 m Kata kunci : Flexible Pavement, Metode Bina Marga Nomor 02/M/BM/2013 & Pt T-01- 2002-B, Alinyemen Horizontal & Vertikal, saluran drainase jalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102UNSPECIFIED
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:31
Last Modified: 11 Feb 2022 03:31
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item