PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER SUROTRAM MENGGUNAKAN BUS DAMRI PAC1 (RUTE TERMINAL PURABAYA - TERMINAL TANJUNG PERAK)

GANDIH, HANNY KURNIAWATI (2022) PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER SUROTRAM MENGGUNAKAN BUS DAMRI PAC1 (RUTE TERMINAL PURABAYA - TERMINAL TANJUNG PERAK). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
[4] BAB 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
[5] BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2024.

Download (534kB)
[img] Text (BAB 3)
[6] BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2024.

Download (232kB)
[img] Text (BAB 4)
[7] BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2024.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
[8] BAB 5.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
[9] DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
[10] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2024.

Download (370kB)

Abstract

SuroTram yang berbasis rel rencananya akan dibangun menghubungkan koridor utara ke selatan atau dari Tanjung Perak ke Wonokromo sepanjang kurang lebih 17 km. Pembangunan SuroTram ini tidak menyebar keseluruhan di Kota Surabaya, sehingga ada beberapa daerah cukup kesulitan mencapai ke SuroTram ini. Maka untuk mempermudah masyarakat untuk menjangkau SuroTram dibutuhkan angkutan pengumpan (feeder) yang nyaman dan terjangkau. Dengan adanya SuroTram dan angkutan pengumpan (feeder) ini diharapkan para pengguna kendaraan pribadi yang selama ini membebani arus lalu lintas dapat beralih menggunakan transportasi massal dan seluruh masyarakat di Kota Surabaya dapat menjangkau SuroTram yang akan berkembang di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dan bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data pada instansi terkait dan survai langsung di lapangan. Langkah awal yang dilakukan adalah mendapatkan data primer dari suvei dinamis dan survei statis yang menghasilkan data nilai headway, load factor, waktu sirkulasi Bus Damri PAC1, jumlah penumpang yang naik dan turun, dan mengetahui antusias masyarakat terhadap SuroTram dan bus feeder. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Surabaya berupa gambar trayek SuroTram dan dari Kantor Cabang Surabaya Perum Damri berupa data biaya langsung dan tak langsung dari Bus Damri PAC1. Dari hasil analisa data diketahui bahwa rata-rata nilai headway dari Bus Damri PAC1 adalah 26 menit dan 31 menit. Rata – rata nilai load factor Bus Damri PAC1 adalah 0,79, 0,70, 0,71, dan 0,72. Rata – rata waktu sirkulasi pada Bus Damri adalah 3 jam 37 menit dan 3 jam 53 menit. Jumlah armada yang dibutuhkan untuk Bus Feeder SuroTram sebanyak 16 Unit dan setiap penumpang akan dikenakan biaya operasional kendaraan (BOK) sebesar Rp.13.000,00 per rit. Untuk bangunan halte akan direncanakan sebanyak 11 titik yang berlokasi di Loop Station Surabaya (Jalan Raya Darmo), Foodcourt Urip Sumoharjo, Tunjungan Plaza 1, BG Juntion Surabaya, SMPK Stella Maris Surabaya, Bank BRI Jalan Rajawali, Tugu Pahlawan sisi barat, Gedung Siola, Kantor Gubernur (Grahadi), Halte Panglima Sudirman, dan Halte Darmo. Dari hasil kuisioner antusias masyarakat terhadap keberadaan SuroTram dan angkutan feeder berupa Bus Damri PAC1 cukup tinggi. Kata Kunci : SuroTram, Feeder, Bus Damri PAC1, Halte, BOK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102UNSPECIFIED
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:23
Last Modified: 10 Feb 2022 01:23
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item