ANALISA VOLUME KENDARAAN BERAT (HEAVY VEHICLE) TERHADAP NILAI INDEX PELAYANAN JALAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN MENGANTI DAN DRIYOREJO DI KABUPATEN GRESIK)

MANNAN, MUHAMMAD CHOIRUL (2022) ANALISA VOLUME KENDARAAN BERAT (HEAVY VEHICLE) TERHADAP NILAI INDEX PELAYANAN JALAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN MENGANTI DAN DRIYOREJO DI KABUPATEN GRESIK). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER-merged.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 February 2024.

Download (699kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 4 February 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 4 February 2024.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 February 2024.

Download (209kB)

Abstract

Sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat maka akan menimbulkan banyaknya permintaan, baik itu untuk pengangkut manusia maupun pengangkut barang. Oleh karena itu kendaraan berat merupakan sarana transportasi yang paling sering digunakan. Sehingga kemacetan lalu lintas sering terjadi di kota-kota besar seperti Gresik. Ketidakseimbangan volume kendaraan dengan kapasitas jalan menyebabkan kemacetan lalu lintas, sehingga terjadi penurunan kecepatan dan bertambahnya waktu tempuh yang mempengaruhi nilai indeks tingkat pelayanan (ITP) suatu jalan dengan berbasis Sistem Informasi Geografis. Studi ini dilakukan pada jam sibuk pagi jam 06.00-08.00 dan jam 16.00- 18.00. metode perhitungan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan linear. Pedoman yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai ITP pada Jalan Raya Menganti (segmen 1) diperoleh 0,044 (LOS A). Pada Jalan Raya Menganti (segmen 2) diperoleh 0,043 (LOS A). Pada Jalan Raya Bringkang (segmen 3) diperoleh 0,045 (LOS A). Pada Jalan Raya Bringkang (segmen 4) diperoleh 0,057 (LOS A). Pada Jalan Raya Bringkang (segmen 5) diperoleh 0,072 (LOS A), berdasarkan uji-T didapat 3.505879975 > 2.776445105 sehingga H1 diterima karena dianggap berpengaruh antara volume kendaraan berat terhadap nilai indeks tingkat pelayanan. Sistem Informasi Geografis digunakan sebagai sarana pendukung untuk mengolah data spasial. Melakukan penelitian indeks tingkat pelayanan menggunakan aplikasi Sistem informasi geografis dapat mempermudah dalam melakukan pemetaan ruas jalur untuk menginformasikan penggunakan jalan sehingga dapat mengurangi dampak lalu lintas pada ruas jalan Kabupaten Gresik tepatnya di ruas jalur Menganti - Driyorejo. Kata kunci : Kendaraan Berat, Indeks Tingkat Pelayanan, Kapasitas Kendaraan, Sistem Informasi Geografis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDZainab, SitiNIDN0005016013UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMasliyah, MasliyahNIDN0708116701UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:48
Last Modified: 09 Feb 2022 04:48
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item