ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DI WILAYAH SURABAYA UTARA DITINJAU DARI BEBAN KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN KALIANAK - JALAN TAMBAK OSOWILANGUN)

PRIYANTO, NANANG (2022) ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DI WILAYAH SURABAYA UTARA DITINJAU DARI BEBAN KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN KALIANAK - JALAN TAMBAK OSOWILANGUN). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER dan ABSTRAK-merged.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2024.

Download (115kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1-merged.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2024.

Download (1MB)

Abstract

Jalan Kalianak – jalan Osowilangun merupakan jalan yang strategis karena jalan ini yang menghubungkan Surabaya dan Gresik. Tingkat kerusakan di jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun sangat tinggi dikarenakan banyak kendaraan berat yang melintas di jalan tersebut. Macam-macam kerusakan yang terjadi adalah kerusakan yang disebabkan kendaraan berat, kepadatan volume kendaraan yang melintas dengan kerusakan yang ada di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun, kontribusi kendaraan berat yang melintas. Dalam tugas akhir ini membahas cara survei kerusakan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga. Hasil survei kondisi jalan pada tahap I dan survei tahap II dengan menggunakan metode Bina Marga diperoleh kerusakan jenis retak merupakan jenis kerusakan yang terbanyak pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun STA 0+000 – STA 9+000 yaitu sebesar 23.52%, jenis retak kulit buaya (Alligator Crack) adalah jenis retak yang paling dominan yang terjadi di ruas jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilagun. Jenis kerusakan terkecil pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilagun STA 0+000 – STA 9+000 adalah jenis kerusakan pengelupasan (Ravelling) dengan persentase sebesar 2.83%. Dari nilai EAL pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun STA 0+000 – STA 9+000, Jenis kendaraan yang sangat mempengaruhi kerusakan jalan adalah jenis kendaraan truk trailer dengan nilai persentase 83.986% yang tejadi di segmen 2. Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,046 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau Ho, artinya beban kendaraan berpengaruh terhadap kerusakan jalan yang terjadi di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun. Sedangkan hasil uji statistik Paired T-Test menunjukkan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,033 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau Ho diterima, artinya ada perbedaan kerusakan jalan sebelum dan sesudah dilewati beban kendaraan selama 45 hari yang terjadi di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun. Kata kunci : kerusakan jalan, beban kendaraan, metode bina marga, EAL (Equivalent Axle Load), statistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102UNSPECIFIED
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:30
Last Modified: 07 Feb 2022 01:31
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item