PEMETAAN DAN ANALISA KINERJA JALAN DI RUAS JALAN ARTERI KALIANAK – TAMBAK OSOWILANGUN MENGGUNAKAN METODE MKJI DAN ANALISA NUMERIK DENGAN REGRESI MULTI VARIABEL

CARVALHO, PINHEIRO VITAL DE (2022) PEMETAAN DAN ANALISA KINERJA JALAN DI RUAS JALAN ARTERI KALIANAK – TAMBAK OSOWILANGUN MENGGUNAKAN METODE MKJI DAN ANALISA NUMERIK DENGAN REGRESI MULTI VARIABEL. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover-merged.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
7. BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2024.

Download (697kB)
[img] Text (BAB 3)
9.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2024.

Download (494kB)
[img] Text (BAB 4)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2024.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
11. BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2024.

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran 1-merged.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2024.

Download (1MB)

Abstract

Tingginya angka kemacetan lalu lintas di kota-kota besar seperti Surabaya, disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan, sehingga berpengaruh terhadap kapasitas jalan yang telah direncanakan sebelumnya. Ketidakseimbangan volume kendaraan dengan kapasitas jalan menyebabkan kemacetan lalu lintas, sehingga terjadi penurunan kecepatan dan waktu tempuh yang bertambah pada ruas jalan. Pada studi ini dilakukan Pemetaan dan Analisa Kinerja jalan serta menghitung Derajat Kejenuhan dan kecepatan kendaraan di ruas jalan Kalianak dan Tambak Osowilangon, dilakukan pada jam sibuk pagi (08.00-10.00),jam sibuk siang (12.00-14.00) serta jam sibuk sore (16.00-18.00) pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Data yang diperoleh selama survei adalah jumlah volume kendaraan dan kecepatan rata-rata setiap jenis kendaraan, diklasifikasikan kedalam lima jenis kendaraan yaitu : mobil penumpang, angkutan kota, sepeda motor, bus dan truk. Metode yang digunakan adalah Metode MKJI dan Metode Analisa Numerik dengan Regresi Multi Viriabel serta Sistem Informasi Geografis digunakan sebagai sarana pendukung yang dapat mengoptimalkan sistem kerja. Adapun aplikasi yang digunakan ialah MapWindow, yang merupakan salah satu perangkat lunak dalam Sistem Informasi Geografis. Dari analisa menggunakan aplikasi MapWindow didapatkan hasil yaitu peta tematik kepadatan kendaraan dan gambaran jaringan jalan yang optimal di Ruas Jalan Kalianak dan Ruas Jalan Tambak Osowilangon. Hasil perhitungan Derajat Kejenuhan dengan metode MKJI dan Analisa Numerik untuk setiap segmen dengan metode MKJ nilai terkecil 0,84 sampai dengan nilai terbesar 0,89 dan dengan metode Analisa Numerik nilai terkecil 0,78 samapai dengan terbesar 0.95, dari dua metode ini mendapatkan hasil yang beda tipis. Khusus untuk ruas jalan Kalianak dan Tambak Osowilangon segmen 1 - 8 nilainya lebih dari 0,8 yang berarti jalan tersebut mengalami kejenuhan. Hasil yang didapat untuk Kecepatan Arus Bebas sepeda motor (MC) dengan nilai terkecil 37.876 km/jam dan nilai terbesar 40.891 km/jam, untuk kendaraan ringan (LV) nilai terkecil 26.625 km/jam dan nilai terbesar 32.994 km/jam, untuk kendaraan berat (HV) nilai terkecil 17.387 km/jam dan nilai terbesar 22.836 km/jam. Kata kunci : Derajat Kejenuhan, Sistem Informasi Geografis, Pemetaan, Kinerja Jalan, MapWindow.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSholichin, IbnuNIDN0718097102UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWibisana, HendrataNIDN0708126501UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDZainab, SitiNIDN0708126501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:20
Last Modified: 02 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item View Item